Beranda Gaya Hidup Cara Tidur Nyenyak Saat Menstruasi

Cara Tidur Nyenyak Saat Menstruasi

544
0
Ilustrasi - foto istimewa jabarnews.com

Menstruasi memang dapat mengganggu aktivitas, termasuk tidur. Nyeri atau rasa tidak nyaman selama menstruasi membuat Kamu jadi kurang tidur.

Menstruasi membuat tubuh mudah merasa lelah di siang hari dan membuat Kamu menjadi sulit tidur di malam hari. Menurut National Sleep Foundation, sebanyak 23% wanita dilaporkan sulit tidur nyenyak seminggu sebelum menstruasi dan 30% wanita lainnya mengalami kesulitan tidur selama menstruasi.

Dikutip dari guesehat.com, dokter spesialis kandungan di New York, dr. Karen Duncan menyatakan bahwa ada beberapa hal yang terjadi pada tubuh saat menstruasi sehingga dapat mengganggu tidur, misalnya keseimbangan hormon. Yup, saat menstruasi, suhu tubuh akan meningkat menjadi lebih panas.

Suhu tubuh yang seharusnya menurun menjelang sore justru tidak menurun. Akibatnya, hormon yang merangsang tubuh untuk tidur dan beristirahat pun jadi terganggu. Selain itu, perubahan suasana hati, seperti cemas dan stres saat menstruasi membuat emosi negatif menjadi lebih kuat sehingga membuat Kamu sulit tidur nyenyak.

Nah, salah satu cara untuk mengatasi susah tidur saat menstruasi ini ialah dengan mengubah posisi tidur. Lalu, seperti apa posisi tidur saat menstruasi yang paling direkomendasikan?

Mengubah Posisi Tidur

Agar tidur tidak terganggu saat menstruasi, memperbaiki posisi tidur dapat menjadi salah satu caranya. Dikutip dari metro.co.uk, posisi tidur saat menstruasi yang paling direkomendasikan ialah posisi tidur fetal. Tidur ini digambarkan, seperti posisi janin (fetus) di dalam perut ibu, dengan memposisikan tubuh menyamping, dan menekuk kaki, serta lutut yang jajar dengan dada.

Saat menstruasi, otot di sekitar perut dan sekitar bokong menjadi tegang dan menerima banyak tekanan. Itulah alasannya Kamu merasakan nyeri saat menstruasi. Nah, posisi tidur fetal dapat melemaskan otot-otot sekitar perut dan bokong, ketegangan dan nyeri pun akan berkurang sehingga dapat membuat Kamu tidur lebih nyenyak. Selain itu, posisi tidur ini juga tidak menganggu pembalut atau tampon yang sedang digunakan

Sedangkan, kalau Kamu tidur dengan posisi tengkurap, tekanan pada otot perut dan rahim akan semakin besar. Otot perut tersebut bertambah tegang yang akhirnya meningkatkan rasa nyeri. Hal ini juga berlaku pada tidur telentang, tekanan dan ketegangan pada otot di sekitar bokong semakin besar dan nyeri pun semakin bertambah.

Kedua posisi tidur tersebut dapat menyebabkan darah keluar lebih banyak yang akhirnya akan membuat celana dan seprai kasur Kamu kotor karena darah menstruasi menembus pembalut atau tidak tertampung pada tampon.

Selain dengan memperbaiki posisi tidur, seperti yang dikutip dari sleep.org, beberapa hal ini juga membantu Kamu tidur lebih nyaman dan nyenyak selama menstruasi nih Gengs, di antaranya:

Jaga ruangan agar tetap dingin. Cobalah untuk mengatur suhu kamar tidur menjadi lebih sejuk. Suhu kamar yang sejuk dapat menurunkan suhu tubuh. Jika merasa terlalu dingin, Kamu bebas memilih tidur dengan selimut atau tidak, disesuaikan dengan kenyamanan.

Tingkatkan suasana hatimu. Jangan melewatkan olahraga. Bagi beberapa orang, menstruasi membuat mereka merasa cemas atau depresi yang dapat mengganggu tidurmu. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas saat menstruasi, cobalah untuk melakukan olahraga yang meningkatkan suasana hatimu, seperti mengatur pernapasan, melakukan meditasi atau bahkan yoga sebelum tidur.

Hindari makanan yang dapat mengganggu tidur. Beberapa gejala yang Kamu rasakan saat menstruasi, seperti mual ataupun diare. Untuk menghindari masalah pencernaan yang dapat mengganggu tidur Kamu, hindarilah makan berat atau berlemak.

Terapkan waktu tidur dan bangun secara teratur. Saat Kamu pergi tidur pada waktu yang sama setiap malamnya (termasuk pada akhir pekan), membuat tubuh terbiasa dan bersiap untuk tidur. Dengan menerapkan waktu tidur dan bangun yang sama dapat membuat Kamu ngantuk  dan terjaga pada waktu yang sama pula. (Red)