Beranda Gaya Hidup Cara Tangkal Obrolan Politik Disaat Momen Silaturahmi Idul Fitri

Cara Tangkal Obrolan Politik Disaat Momen Silaturahmi Idul Fitri

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Di momen Idul Fitri ada saja pembahasan soal politik. Apalagi adanya perbedaan pilihan politik antar kerabat. Topik yang bila tidak disikapi dengan bijak bisa merusak momen silaturahmi.

Psikolog klinis dari Personal Growth Kantiana Taslim, MPsi, Psikolog mengatakan bahwa bagaimana kita menjawab bisa membuat suasana mencair, misalnya dengan menambahkan humor di dalamnya.

“Tentunya humor yang digunakan juga harus sopan (terutama kepada orang yang lebih tua), tidak berbau SARA ataupun ujaran kebencian,” katanya kepada detik.com.

Selain menambahkan selingan humor, menjawab dengan asertif atau ketegasan juga bisa menjadi alternatif jawaban agar perbincangan tidak berujung pada perdebatan panjang.

“Maksudnya adalah, berikan jawaban yang lugas dan tegas, namun sampaikan bahwa kamu tidak ingin berargumen karena tetap ingin suasana silahturahmi berjalan hangat. Diskusi nantinya dapat dilakukan di waktu lain,” anjur psikolog yang akrab disapa Nana ini.

Tentunya, kita semua harus peka terhadap situasi sehingga bisa memberikan jawaban yang paling tepat. Salah menjawab bisa-bisa kacau momen silahturahmi saat lebaran. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini