Beranda Gaya Hidup Cara Supaya Daging Kurban Tersimpan Awet Hingga Berbulan-bulan

Cara Supaya Daging Kurban Tersimpan Awet Hingga Berbulan-bulan

Ilustrasi - foto istimewa detik.com

Daging kurban baik sapi maupun kambing masih tersisa banyak pasca Idul Adha?. Tentu anda tak mau kalau daging yang mereka simpan memburuk kualitasnya.

Untuk itu, ada beberapa saran penyimpanan daging agar tak mudah rusak.

“Karena daging itu mudah rusak ya jadi memang simpan pada suhu dingin atau sebetulnya kalau mau dibekukan untuk waktu yang lama lebih bagus,” tutur ahli teknologi pangan dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr Ir Purwiyatno Hariyadi seperti dilansir detik.com.

Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya, bukankah disimpan di freezer malah merusak kualitas dagingnya?

“Itu salah ya. Jadi produk yang dibekukan, semuanya di freeze. Termasuk penurunan mutu juga di-freeze,” jawab Prof Purwiyatno.

Memang ketika disimpan di lemari pendingin, Prof Purwiyatno tak menampik bahwa tekstur daging akan sedikit berubah. Tapi jika diolah dengan baik tak akan mempengaruhi rasa daging.

Jika menyimpan di pendingin, selain daging bisa awet masa tahannya juga bisa sampai berbulan-bulan lho! Jadi ada stok daging selama beberapa saat ke depan.

“Kalau dengan lemari es biasa bisa tiga sampai empat hari. tapi kalau di freezer sepanjang itu frozen bisa sebulan, tiga bulan, empat bulan juga nggak masalah,” pungkasnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini