Beranda Kesehatan Cara Supaya Bisa Tidur Nyenyak Saat Ramadan

Cara Supaya Bisa Tidur Nyenyak Saat Ramadan

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Saat bulan Ramadan, perubahan pola dan waktu tidur bisa membuat kita rentan insomnia atau sulit tidur karena pola tidur yang berantakan.

Kurang tidur saat bulan Ramadan diketahui bisa berisiko membahayakan kesehatan. Misalnya dengan risiko menyebabkan kecemasan, depresi, stres, kekhawatiran, sulit berpikir, sulit mengendalikan stres dan juga diabetes maupun serangan jantung.

Oleh karena itu, agar tidak terjadi padamu dan kesehatanmu tetap terjaga, ikuti 6 cara ini agar tidurmu malam ini nyenyak:

1. Jaga jam tidur tetap sama

Pada bulan puasa, jam tidur rentan berantakan karena harus bangun sahur pada dini hari. Namun mengusahakn untuk tetap berangkat tidur dan bangun (usai sahur) pada jam yang sama tiap harinya akan membantu tubuhmu tidur lebih baik. Pilihlah waktu di mana kamu kira-kira sudah merasa mengantuk.

2. Kurangi kafein

Teh manis sering jadi minuman wajib baik saat berbuka maupun sahur. Walaupun tak setinggi kopi, teh juga memiliki kandungan kafein, dan kafein bisa membuat kita terjaga, mengganggu proses tidur. Kamu bisa menggantinya dengan meminum segelas susu hangat atau air putih sebelum tidur.

3. Tidak merokok

Jika kamu adalah perokok, mungkin memang sulit untuk menahan tidak merokok selama berpuasa Ramadhan, namun merokok memiliki dampak buruk bagi tidur. Para perokok lebih sulit tidur, kerap terbangun, dan rentan memiliki gangguan tidur. Kalau kamu belum bisa berhenti total, lebih baik hindari merokok sebelum tidur.

4. Rutin berolahraga

Olahraga usai berbuka secara rutin, misalnya olahraga sedang seperti berenang dan berjalan cepat, dapat meredakan ketegangan yang bisa muncul keesokan harinya. Namun jangan lakukan olahraga berat sebelum tidur karena bisa membuatmu terjaga dan malah terlewat sahur.

5. Jangan berlebihan makan

Saat berbuka puasa atau makan malam kita kerap kali ‘lapar mata’ karena telah menahan rasa lapar dan haus cukup lama. Hindari makan yang berlebihan terutama menjelang tidur karena bisa merusak pola tidur.

6. Jangan tidur dalam keadaan khawatir

Jika kamu mengalami kesulitan tidur, jangan biarkan hingga kamu merasa khawatir. Bangun dan lakukan sesuatu yang membuatmu rileks sampai kamu merasa ngantuk, lalu kembali tidur lagi. (Red)

Sumber : detik.com

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini