Beranda Kesehatan Cara Sederhana Supaya Lebih Sehat Dalam Aktivitas Sehari-hari

Cara Sederhana Supaya Lebih Sehat Dalam Aktivitas Sehari-hari

41
0
Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Sehat adalah keinginan setiap orang, yang terpenting memang tidak memiliki beban dan tetap rutin melakukan pola hidup sehat. Easy said than done.

Jangan khawatir, ada cara konkritnya lho untuk membuat dirimu lebih sehat dalam aktivitas sehari-hari. Berikut ini sepuluh cara sederhana yang dilansir IDN Times, di antaranya!

1. Cobalah berjabat tangan dan tersenyum Ke temanmu

Buat kamu yang berkantor ataupun bersekolah cobalah membiasakan diri secara rutin untuk berjabat tangan dan melemparkan senyum pada temanmu. kebiasaan ini buat kondisi pikiran kamu lebih baik, karena lingkungan sekitar yang baik, akan menciptakan kondisi yang baik pula.

2. Olahraga kecil sebelum berangkat bekerja atau ke sekolah

Cobalah untuk melakukan peregangan bagian tubuh kamu. Olahraga kecil akan membantu membawa oksigen ke daerah otakmu, jadi kemampuan berpikir kamu juga akan lebih lancar. Kamu juga tidak mudah mengantuk, karena aliran oksigen ke area otak terdistribusi dengan baik.

3. Menjadi pribadi aktif di kantor ataupun sekolah

Buat dirimu aktif dalam beberapa aktifitas kantor. Banyak berbicara dan mengungkapkan pendapat itu ternyata hal yang penting. Kamu akan mendapat perhatian khusus dari temanmu dan memiliki pola pikir yang berjalan secara produktif untuk mengeluarkan hal-hal baru di luar pemikiran temanmu.

4. Siapkan botol mineral, jangan biarkan tubuhmu dehidrasi

Sangat penting bagimu punya cukup asupan air mineral, jangan biarkan kamu dehidrasi, yang kemudian akan membuatmu tidak fokus pada setiap pekerjaan yang dilakukan. Kamu perlu tau beberapa penelitian mengatakan bahwa air mineral juga salah satu peran penting yang membawa oksigen lebih banyak pada aliran darah.

5. Siapkan makanan ringan yang sehat di meja kerjamu

Bagi kamu yang aktif, kamu juga butuh asupan gizi khusus. Coba untuk siapkan makanan ringan sehat di meja kerjamu. Kamu bisa coba buah-buahan dengan tambahan yoghurt. Jangan cuma snack ringan berbahan pengawet, yang efeknya baru akan kamu rasakan secara kumulatif saat tua nanti.

6. Gunakan transportasi umum, biarkan dirimu berjalan lebih banyak

Kamu masih pakai kendaraan pribadi? Cobalah gunakan kendaraan umum. Ini akan membuat kamu lebih banyak berjalan. Tanpa disadari, hal ini mampu membuat tubuh kita tetap rutin berolahraga walupun hanya sekedar berjalan. Selain itu kamu sudah menjadi slah satu orang yang mendukung pengurangan polusi udara untuk lingkunganmu.

7. Tetap serius tapi santai dalam bekerja atau bersekolah

Kamu memang punya kewajiban untuk menyelesaikan pekerjaan kamu, tapi jangan buat dirimu terlalu lelah sehingga jadi stres dan buat pekerjaan malah berantakan. Cobalah untuk tetap bekerja dengan fokus sambil sekali-kali bercengkrama atau membuat gurauan kecil bersama teman saat bekerja. Jika waktu istirahat tiba, maka manfaatkan lah untuk istirahat.

8. Tidur di waktu istirahat tidak ada salahnya

Tidak ada larangannya kan? Kasihani tubuhmu, kamu sudah lelah bekerja dan bisa jadi masih ada sedikit waktu luang setelah makan siang. Manfaatkan untuk sekedar beristirahat kecil dan memejamkan mata. Ini penting dan praktis. Jangan biarkan otakmu terforsir secara berlebihan.

9. Jangan lupakan waktu makan malam bersama keluarga

Hubungan di keluarga itu penting, sisihkan waktu kamu untuk sekedar makan bersama keluarga. Hubungan baik antar keluarga akan melupakan sejenak kepenatan dan beban kamu dalam pekerjaan atau kegiatan sekolah, yang mungkin membuat kamu tertekan, baik secara sadar maupun tidak sadar.

10. Matikan TV, komputer atau gadgetmu, kemudian tidur lebih awal

Terapkan ini sehabis pulang kantor, mandi dan melakukan aktivitas makan malam bersama keluarga. Biasanya kamu akan melakukan aktivitas lain, entah itu menonton TV ataupun sekadar membuka gadget kamu. Coba sejenak tidur lebih awal dan jangan biarkan dirimu terlalu lama dengan gadgetmu. Tidur awal membuat kamu lebih fresh di pagi hari tentunya.

Itulah sepuluh tips sederhana untuk membuat hidupmu lebih sehat sehari-hari. Jangan ditunda lagi ya. Semua bisa karena terbiasa kok! (Red)