Beranda Gaya Hidup Cara Menjaga Gigi dan Mulut Selama Puasa

Cara Menjaga Gigi dan Mulut Selama Puasa

Ilustrasi - foto istimewa suara.com

Menjaga kesehatan mulut dan lidah menjadi bagian penting dalam berpuasa. Akan tetapi sering kali lupa untuk memberikan perawatan khusus.

Berikut tips untuk menjaga kesehatan mulut dan lidah yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Bersihkan Gigi dan Lidah secara Teratur

Bersihkan gigi dan lidah secara teratur dengan menyikat gigi dengan cara yang tepat agar bakteri yang tersembunyi bisa hilang. Penggunaan pasta gigi yang benar juga berpengaruh pada kesehatan gigi dan mulut.

 

2. Periksakan Gigi secara Teratur

Periksakan gigi secara teratur ke dokter gigi untuk menghindari masalah kesehatan gigi dan mulut. Dengan pergi ke dokter gigi dapat membantu dalam membersihkan gigi secara lebih menyeluruh dan mengobati masalah gigi atau gusi.

3. Pakai Obat Kumur

Pakai obat kumur yang sesuai untuk gigi dan mulut dapat membunuh bakteri serta mencegah bau mulut yang tidak enak. Pilihlah obat kumur yang aman dan sesuai dengan kebutuhan.

4. Minum Air yang Cukup

Minum air putih yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan mulut dan lidah. Air membantu membersihkan bakteri dan kotoran di dalam mulut dan menghindari dehidrasi yang dapat mempengaruhi kesehatan gigi dan gusi.

5. Kurangi Konsumsi Gula

Konsumsi gula secara berlebihan tak hanya dapat menyebabkan diabetes namun juga menjadi salah satu penyebab utama kerusakan gigi dan masalah kesehatan mulut lainnya. Kurangi konsumsi gula dan perbanyak makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran.

6. Hindari Merokok dan Minum Alkohol

Merokok dan minum alkohol dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap dan meningkatkan risiko terkena kanker mulut dan lidah. Hindari kebiasaan ini untuk menjaga kesehatan mulut dan lidah.

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, perhatikanlah jenis makanan yang dikonsumsi. Makanan yang keras, manis, atau asam dapat merusak gigi dan menyebabkan masalah kesehatan mulut lainnya.

Perbanyaklah konsumsi makanan yang sehat seperti sayuran dan buah-buahan. Dengan menjaga kebersihan mulut, memperhatikan pola makan, serta melakukan pemeriksaan gigi secara teratur, bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan baik. (Red)

 

 

 

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini