Beranda Kesehatan Cara Mengeluarkan Dahak Secara Alami dan Cepat

Cara Mengeluarkan Dahak Secara Alami dan Cepat

3403
0
Ilustrasi - foto istimewa dream.co.id

Adanya dahak biasanya merupakan tanda kalau saluran pernapasan kalian mengalami peradangan yang dipicu oleh berbagai penyakit.

Dahak biasanya berbentuk kental dan sulit dikeluarkan, karena fungsinya untuk menangkap debu, alergen dan virus agar tidak masuk ke saluran pernapasan.

Tapi jika kalian merasa dahak di saluran pernapasan sudah membandel dan mengganggu, ada berbagai cara untuk mengeluarkannya dengan cepat, mulai dari minum obat pengencer dahak hingga cara alami dan tradisional lainnya.

Jika kalian tidak suka meminum obat pengencer dahak, berikut adalah 11 cara mengeluarkan dahak secara cepat dan alami seperti dilansir detik.com.

1. Uap Hangat

Salah satu cara alami untuk mengeluarkan dahak sekaligus melegakan pernapasan adalah dengan menghirup uap hangat. Atau kalian juga bisa menghirup uap hangat dari makanan seperti sup ayam atau teh hangat.

2. Minum Air Putih

Minum banyak air putih, terutama air hangat dapat mengeluarkan dahak dan melonggarkan saluran pernapasan yang tersumbat. Selain air putih, kalian juga bisa mengonsumsi sup ayam, teh tanpa kafein dan jus lemon hangat.

3. Kumur Air Garam

Kumur dengan air garam dapat mengeluarkan dahak yang mengganggu di tenggorokan dan susah keluar. Cara ini bahkan bisa membunuh kuman dan meredakan radang tenggorokan.

Caranya campurkan tiga perempat sendok te garam dengan air hangat. Setelah itu, kumur dengan posisi kepala menengadah selama 30-60 detik. Ulangi jika diperlukan.

4. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih merupakan salah satu obat dahak susah keluar yang ampuh. Minyak kayu putih yang dioleskan di dada bisa membantu mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan.

5. Makan Makanan Pedas

Siapa sangka makanan pedas bisa membantu mengeluarkan dahak dari tenggorokan. Makanan pedas yang mengandung capsaicin yang biasa di temukan di cabai bisa membantu mengeluarkan dahak dan membersihkan sinus secara sementara.

6. Madu

Madu memiliki sifat anti peradangan dan antibakteri. Bahkan sebuah penelitian menemukan bahwa menghirup uap dari air hangat yang dicampur dengan madu dapat mengeluarkan dahak dan mengurangi penyempitan bronkus.

7. Jahe

Jahe merupakan pengencer dahak alternatif yang alami dan mudah ditemukan di mana saja. Caranya mudah, cukup campurkan potongan jahe ke dalam minuman hangat kalian.

8. Daun Mint

Daun mint mengandung mentol yang berfungsi untuk mengurangi produksi dahak dan mengencerkan dahak yang kental. Caranya mudah, cukup campurkan daun mint ke dalam minuman hangat seperti teh agar dahak cepat keluar.

9. Lobak

Lobak disebut dapat melegakan tenggorokan yang tersumbat akibat dahak. Tidak hanya itu, lobak juga disebut mampu mengatasi radang tenggorokan dan menyembuhkan flu dan batuk. Caranya cukup dengan menambahkan lobak ke dalam sup hangat kalian.

10. Bawang

Bawang merupakan salah satu pengencer dahak alami karena dapat bekerja seperti ekspektoran di dalam tubuh. Bumbu dapur ini ternyata mengandung senyawa iritasi yang dapat merangsang kalian untuk batuk dan mengeluarkan dahak. Caranya cukup dengan menambah potongan bawang pada sup hangat kalian.

11. Pakai Humidifier

Udara yang lembab dapat membantu mengencerkan dan mengeluarkan dahaksecara cepat. Untuk membuat udara di sekitar lebih lembab, kalian bisa gunakan humidifier.

Alat ini bisa kalian nyalakan terus menerus dalam sehari. Tapi, pastikan kalian mengganti airnya setiap hari dan bersihkan humidifier sesuai petunjuknya. (Red)