Beranda Kesehatan Cara Mencegah Penularan Hepatitis Akut pada Anak

Cara Mencegah Penularan Hepatitis Akut pada Anak

Ilustrasi - foto istimewa suara.com

SERANG – Penyakit hepatitis akut kini sedang melanda dunia dan menjadi sorotan banyak pihak. Bagaimana cara mencegah penularannya?.

Tak terkecuali Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang telah menyatakan bahwa penyakit ini merupakan Kejadian Luar Biasa (KLB). Maka dari itu, simak cara mencegah penularan hepatitis akut berikut ini.

WHO telah mencatat ada 228 kemungkinan kasus hepatitis akut yang telah tersebar di 20 negara di dunia. Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes), telah mendeteksi 15 kasus hepatitis akut dan dilaporkan ada 3 anak meninggal dunia yang terinfeksi penyakit ini.

Kabar menyebarnya penyakit misterius ini membuat masyarakat panik terutama untuk orang tua yang memiliki anak. Kementerian Kesehatan hingga saat ini masih melakukan pemeriksaan panel virus lengkap dan penyelidikan epidemiologi untuk menangani kasus ini.

Dilansir dari laman Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan melalui suara.com (jaringan BantenNews.co.id) menyebutkan ada beberapa cara untuk mencegah resiko infeksi salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FK UI, Prof. Dr. dr. Hanifah Oswari, Sp.A. menyarankan kepada orang tua untuk meningkatkan kewaspadaan dengan membersihkan diri antara lain:

1. mencuci tangan dengan sabun,

2. makan dan minum yang dikonsumsi matang,

3. tidak menggunakan alat makan bersama dengan orang lain, serta

4. menghindari kontak dan menjaga anak dari orang yang sakit untuk tetap sehat.

Pencegahan penularan hepatitis akut ini juga dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan dengan sabun.

Gejala Hepatitis Akut

Baca Juga:Anggota DPR Minta Pemerintah Lakukan Dua Langkah Ini untuk Cegah Hepatitis Akut

Prof Hanifah menyebutkan bahwa gejala awal penularan hepatitis akut ini antara lain seperti sakit perut, mual hingga muntah, diare dan demam. Selanjutnya pasien dapat mengalami gejala lebih berat seperti air kencing berwarna pekat dan buang air besar berwarna putih pucat.

Para orang tua diharuskan untuk tetap waspada terhadap kondisi anak beserta gejala-gejala yang timbul akibat hepatitis akut ini. Jika seseorang telah mengalami gejala tersebut, dianjurkan untuk segera mendapatkan penanganan medis di rumah sakit sebelum terlambat.

Demikian informasi seputar cara mencegah penularan hepatitis akut yang kini sedang melanda dunia yang wajib untuk diketahui terutama bagi para orang tua. Semoga bermanfaat.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini