Beranda Kesehatan Cara Mencegah Demam Berdarah, Begini Langkah Mudahnya

Cara Mencegah Demam Berdarah, Begini Langkah Mudahnya

Ilustrasi - foto istimewa merdeka.com

SERANG –  Untuk menangani demam berdarah bisa dilakukan dengan berbagai cara, namun akan lebih baik jika Anda juga mengetahui cara mencegah demam berdarah sebelum terjadi. Cara ini sederhana, dan bisa mengurangi risiko demam berdarah secara signifikan.

Musim yang tidak menentu seperti sekarang membuat pertumbuhan nyamuk pembawa virus demam berdarah meningkat pesat. Selain bersiap dengan menerapkan pola hidup sehat, ada baiknya juga melakukan beberapa langkah pencegahan sederhana untuk mengurangi risiko virus ini.

Beberapa cara mencegah demam berdarah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut seperti melansir suara.com (jaringan BantenNews.co.id).

1. Menerapkan 3M

Menguras, menutup, dan mendaur ulang berbagai wadah yang bisa menjadi tempat air menggenang dalam waktu lama dan digunakan nyamuk untuk berkembang biak. Cara ini merupakan cara paling klasik, namun terbukti efektif untuk mengurangi perkembangan jumlah nyamuk Aedes Aegypti.

Dengan langkah sederhana ini, genangan air yang disukai nyamuk akan dapat diminimalisir jumlahnya, sehingga nyamuk sulit berkembang biak. Tutup tampungan air dan sumur untuk memaksimalkan upaya ini.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Pada dasarnya, virus demam berdarah akan sulit menginfeksi tubuh yang memiliki daya tahan tinggi. Untuk itu salah satu cara mencegah demam berdarah adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh, dengan konsumsi makanan sehat dan bernutrisi.

Makanan dengan kandungan vitamin C misalnya bisa jadi opsi tepat untuk membantu meningkatkan kondisi daya tahan. Dibarengi dengan olahraga dan pola hidup sehat, upaya ini akan semakin optimal.

3. Memasang Kelambu

Terdengar agak kuno, tapi memasang kelambu bisa membantu Anda terhindar dari serangan nyamuk saat beraktivitas. Pasang kelambu di jendela kamar atau rumah, serta di tempat tidur. Meski merupakan cara yang sudah digunakan sejak lama, hal ini terbukti cukup efektif.

Gunakan juga obat pembasmi nyamuk, baik semprot, atau bakar, atau elektrik untuk memaksimalkan upaya pencegahannya.

4. Vaksin Dengue

Untuk vaksin ini sendiri bisa diberikan atas rekomendasi dokter. Vaksin ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap virus DBD, sehingga risiko terjangkitnya semakin kecil. Pastikan sudah berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan vaksinasi ini.

Itu tadi beberapa cara mencegah demam berdarah yang bisa diaplikasikan dengan mudah. Tips ini sendiri mengacu pada laman resmi penanggulangankrisis.kemkes.go.id. Semoga bermanfaat, dan selamat melanjutkan aktivitas Anda.

(Red)