Beranda Akademi Cara Memanfaatkan Kembali Botol Parfum

Cara Memanfaatkan Kembali Botol Parfum

Ilustrasi - foto istimewa

Oleh : Atikah Martina, Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang

 

Parfum atau minyak wangi adalah wewangian yang dihasilkan dari proses ekstraksi bahan-bahan aromatik yang digunakan untuk memberikan aroma wangi bagi tubuh, objek benda ataupun ruangan. Parfum yang dijual tidak sepenuhnya terdiri dari minyak esensial murni, melainkan telah melewati proses pencampuran dan pengenceran. Campuran tersebut terdiri dari minyak esensial itu sendiri, air destilasi dan alkohol. Jumlah dan tipe pelarut yang bercampur dengan minyak wangi menentukan apakah suatu parfum dianggap sebagai ekstrak parfum, Eau de parfum, Eau de toilette, atau Eau de Cologne.

Seperti yang telah Anda ketahui parfum sangat berguna dikehidupan sehari-hari. Salah satunya kegunaan parfum adalah untuk memberikan aroma wangi tubuh. Penggunaan parfum oleh sebagian orang banyak dianggap sangat penting, karena aroma wangi dari parfum tersebut bisa membuat seseorang lebih percaya diri dan juga menaikan mood. Dan tanpa kita sadari, kita telah menghasilkan limbah dari pembelian parfum secara rutin tersebut. Limbah yang dimaksud adalah botol dari parfum.

Botol parfum sendiri merupakan tempat penyimpanan parfum. Dibuat dalam berbagai macam bentuk, ada yang berbentuk tabung, ada juga yang bulat seperti bola dan lain-lainnya. Dan botol parfum tersebut ditutup atasnya sehingga parfum tidak mudah menguap dan tersimpan dengan baik. Bahan baku botol parfum berasal dari kaca dan akrilik dan ada juga yang berasal dari plastik. Botol parfum berbahan kaca, akrilik maupun plastik termasuk kedalam kategori limbah an organik. Limbah an organik adalah limbah yang tidak dapat terurai secara alami.

Oleh karena itu, kita harus dapat memanfaatkan kembali botol parfum yang telah habis dan tidak terpakai lagi. Berikut cara memanfaatkan botol parfum kembali, yaitu :

1.     Dengan Cara Refil Parfum

Seperti yang telah kita ketahui parfum jika telah habis maka botol parfum tersebut telah menjadi limbah an organik yang sulit diuraikan. Oleh sebab itu, jika parfum Anda telah habis maka lebih baik membeli isi parfumnya saja (Refil parfum). Selain mengurangi limbah botol parfum, dengan membeli refil parfum Anda lebih efektif dan efisien. Kenapa demikian? Karena harganya lebih mudah dijangkau, Anda hanya membeli parfumnya saja dengan langsung membawa botol parfum Anda yang telah habis tanpa ribet memikirkan ingin botol parfum seperti apa. Dan di tempat pembelian refil parfum, Anda dapat memilih ingin parfum berbau wangi apa, seperti bau bubble gum, bau jeruk dan bau lainnya karena di tempat refil parfum banyak varian bau parfum. Lalu jumlah larutan parfumnya berapa, dan Anda juga dapat memilih ingin parfum yang Eau de parfum, Eau de toilette, atau Eau de Cologne sesuai dengan budget Anda masing-masing.

2.     Wadah untuk Hand Sanitizer

Sekarang kita sedang menghadapi masa pandemic Covid 19. Dan WHO telah menghimbau dan mengingatkan kita semua agar selalu mencuci tangan sebelum dan setelah memegang sesuatu baik berupa benda, makanan dan lainnya. Di karenakan kita memiliki aktifitas yang sangat padat, kita tidak bisa selalu mencuci tangan setiap sebelum dan setelah memegang sesuatu. Maka dari itu hand sanitizer sebagai solusi agar tangan selalu bersih.

Hand sanitizer sekarang banyak diproduksi oleh pabrik, baik dalam kemasan kecil maupun dalam kemasan besar. Oleh karena itu hand sanitizer juga memiliki limbah yang jika tidak bisa dimanfaatkan dan didaur ulang dengan baik maka limbahnya akan sama dengan limbah botol parfum. Dan oleh sebab itu, lebih baik Anda memanfaatkan kembali botol parfum yang telah habis dan tidak terpakai tersebut menjadi botol wadah untuk hand sanitizer. Anda dapat membeli hand sanitizer dalam kemasan besar dan memasukannya kedalam botol parfum yang telah habis dan tidak terpakai tersebut. Dan sebelum itu botol parfum harus dibersihkan terlebih dahulu.

Hand sanitizer yang dimasukan dalam botol parfum yang telah dibersihkan adalah botol parfum yang berbahan plastik, karena mudah dibawa dan tidak berat seperti botol parfum bahan kaca atau akrilik.

3.     Wadah untuk Menyimpan Benda Cair

Jika Anda suka membeli sabun dan sampo dalam kemasan isi ulang, tetapi tidak memiliki wadah untuk menyimpanannya, maka inilah saat yang tepat untuk memanfaatkan botol-botol parfum yang telah habis dan tidak digunakan di rumah Anda. Selain Anda telah mengurangi limbah botol parfum, wadah sampo dan sabun Anda akan telihat lebih menarik dan mewah. Dan sebelum itu Anda harus membersihkan botol parfumnya terlebih dahulu dan mengganti tempat penyemprot parfum tersebut dalam bentuk pump agar sampo ataupun sabun yang digunakan lebih mudah keluar dan dapat digunakan dengan baik. Dan botol parfum tersebut juga dapat Anda gunakan sebagai wadah untuk pelicin pakaian, pewangi pakaian dan juga parfum ruangan.

Dan apabila Anda pencinta kebersihan dan wewangian yang murni maka botol parfum bisa juga dapat dimanfaatkan untuk alat diffuser ruangan. Caranya yaitu bersihkan botol parfum yang telah habis dan tidak terpakai terlebih dahulu, lalu isi setengah botol parfum tersebut dengan minyak essensial aromatik lalu masukan beberapa batang kayu seperti tusuk sate, maka perlahan-lahan aroma wangi dari minyak essensial tadi akan menyebar ke seluruh ruangan.

4.     Untuk Hiasan atau Aksesoris Rumah

Botol parfum memiliki bentuk dan ukuran yang sangat beragam. Oleh karena itu Anda dapat memanfaatkan kembali botol parfum yang telah habis dan tidak terpakai tersebut sebagai hiasan rumah. Jika anda pencinta bunga, maka botol parfum tersebut bisa Anda jadikan sebagai vas bunga, tetapi bunga yang dimasukan kedalam botol tersebut hanya bisa dalam skala kecil. Dan apabila anda tidak ingin merawat bunga hidup maka Anda bisa juga mengganti bunga tersebut dengan bunga palsu dan itu akan bagus sebagai hiasan rumah.

Dan botol parfum yang telah habis dan tidak tepakai bisa Anda jadikan sebagai tempat lilin. Lilin tersebut bisa Anda letakan di meja ruang makan agar lilin tersebut terlihat elegan dan juga jika Anda suka meditasi, maka botol parfum tersebut juga bisa Anda jadikan sebagai tempat lilinnya.

Jika Anda pencinta aksesoris ataupun hiasan rumah yang estetik, maka botol parfum juga bisa Anda ubah menjadi sun catcher atau light catcher. Botol parfum yang digunakan untuk hiasan ini adalah botol parfum yang berbahan kaca dan berwarna bening atau putih, memiliki pola eksterior yang bagus dan unik. Dan juga botol parfum tersebut harus bisa membiaskan cahaya dari matahari ataupun cahaya lampu agar menjadi sun catcher ataupun light catcher yang estetik dan menarik.

 

Apabila hal diatas telah Anda lakukan dan Anda masih memiliki banyak botol parfum yang kosong dan tidak dipakai lagi, maka alternatif lainnya adalah dengan mendaur ulang botol parfum tersebut ke tempat daur ulang ataupun Anda dapat menjual botol nya dan mendapatkan uang.

 

Referensi

Rumahparfum. “Tentang Parfum”, Dikutip dari https://www.rumahparfum.com/content/9-tentang-parfum pada 10 Mei 2021 Pukul 12.06 WIB.

Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas. “Parfum”, Dikutip dari https://id.wikipedia.org/wiki/Parfum pada 10 Mei 2021 Pukul 12.37 WIB.

(***)