Beranda Kampus Cara Mahasiswa Mengatasi Mata Akibat Terlalu Sering Begadang dan Menatap Layar

Cara Mahasiswa Mengatasi Mata Akibat Terlalu Sering Begadang dan Menatap Layar

Ilustrasi - foto istimewa Indozone.id

Oleh : Karismawati, Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang

Jika kita mendengar kata begadang pasti sudah tidak asing lagi bukan, begadang merupakan aktivitas yang dilakukan apabila pekerjaan dan tugas yang menumpuk dan tidak bisa mengatur waktu dengan baik sehingga waktu yang ada menjadi terbuang. Begadang merupakan hal yang sering dilakukan baik dilakukan oleh remaja maupun dewasa dengan keperluan mereka masing-masing.

Di masa pandemi Covid-19 tentunya pasti berdampak merugikan salah satunya pada pendidikan. Pendidikan sekarang dilakukan secara daring atau online, tidak heran hal ini yang menyebabkan para pelajar dan mahasiswa melakukan kegiatan belajar mengajar menggunakan layar handphone maupun layar laptop mereka untuk menyelesaikan tugas yang telah diberikan oleh guru maupun dosen, sering kali para pelajar dan mahasiswa begadang karena tugas deadline ini membuat mereka rela mengerjakannya sampai pagi hari, apalagi sekarang banyak mahasiswa yang memilih kuliah sambil bekerja tentunya mereka harus bisa menyeimbangi dan membagi waktu antara kuliah dan pekerjaan. Hal ini sering menjadi penyebab seringnya begadang bagi para mahasiswa.

Terlepas dari hal tersebut terdapat pula dampak yang diakibatkan karena seringnya begadang yaitu membuat tubuh menjadi tidak sehat tentunya seperti badan menjadi sering lesu dan lelah, sulitnya berpikir dan berkonsentrasi dengan baik, menyebabkan mata menjadi hitam atau yang sering kita sebut mata panda, serta masih banyak lagi dampak yang dapat merugikan bagi tubuh.

Mata panda atau lingkaran hitam pada bagian bawah mata menjadi masalah yang sering terjadi tentunya bagi para wanita, hal ini membuat mahasiswa menjadi tidak percaya diri karena cukup mengganggu penampilan mereka. Maka dari itu beberapa mahasiswa sering melakukan berbagai cara untuk dapat menghilangkan atau memudarkannya. Berikut cara mudah yang bisa dilakukan mahasiswa untuk menghilangkan mata panda atau lingkaran hitam di area mata.

1. Dengan menggunakan Es Batu

Es batu ini selain untuk campuran minuman agar lebih segar ternyata dapat pula untuk mengatasi mata panda, ini karena es batu bersifat dingin yang berfungsi untuk membantu mengecilkan pembuluh darah serta membuat darah mengalir dengan lancar pada bagian bawah mata. Caranya mudah yaitu cukup menggunakan kain lalu dibalut dengan es batu sudah langsung bisa digunakan untuk mengompres di sekitar bawah mata.

2. Dengan menggunakan mentimun

Mentimun juga bisa langsung digunakan untuk mengatasi mata panda, mentimun mempunyai kadar air yang cukup banyak oleh karena itu dapat melembabkan daerah bawah mata yang menghitam, mentimun mengandung antioksidan yang berguna untuk membantu memudarkan mata panda akibat mata terlalu lelah. Jadi jika ingin diterapkan, langsung saja cuci bersih mentimun lalu potong bulat tipis dan tempelkan di area mata, jika ingin hasil yang maksimal bisa juga di masukan ke dalam freezer sebelum diaplikasikan agar menjadi lebih segar. Apalagi jaman sekarang mentimun juga dapat ditemukan sebagai masker wajah, hal ini juga dapat menjadi alternatif bagi para mahasiswa.

3. Dengan menggunakan lidah buaya

Bahan alami ini sering digunakan untuk produk kecantikan tidak heran bahwa lidah buaya ini juga dapat mengatasi mata panda. Vitamin A,E, dan C yang terdapat pada lidah buaya mengandung antioksidan yang dapat membantu memperbaiki dan menutrisi masalah kulit, caranya yaitu langsung dengan mengoleskan gel lidah buaya pada area bawah mata bisa juga dilakukan pada malam hari agar keesokan paginya menjadi lebih segar.

4. Dengan menggunakan tomat

Tomat mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu memudarkan mata panda, selain itu juga tomat bagus untuk menjaga kesehatan jantung jika kita sering melakukan begadang, serta bagus juga untuk mata kita yang terlalu sering menatap layar handphone dan juga laptop. Cara menggunakannya cukup mudah seperti dengan cara mentimun, cukup dengan memotong tomat secara bulat kemudian langsung di letakan pada bagian mata.

5. Dengan menggunakan krim mata atau eye cream

Ini merupakan cara ampuh jika digunakan secara rutin untuk menghilangkan lingkaran hitam pada mata, apalagi jika krim mata yang digunakan mengandung retinol yang berfungsi untuk mencerahkan, dan mengencangkan kulit. Menggunakan krim mata dapat memberikan hasil yang cepat walaupun cara ini tidak dilakukan menggunakan bahan yang alami tetapi banyak yang menggunakannya.

Dari cara tersebut bisa diketahui bahwa ini merupakan cara yang paling mudah untuk dapat mengatasi lingkaran hitam pada area bagian mata bagi mahasiswa jika ingin menerapkannya.

(***)

 

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini