Beranda Kesehatan Cara Efektif Tahan Kebelet Pipis Saat Keadaan Darurat

Cara Efektif Tahan Kebelet Pipis Saat Keadaan Darurat

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Saatnya kamu sedang berada dalam keadaan yang memang harus terpaksa menahan pipis, misalnya saat sedang berada dalam ruangan ujian, ada beberapa tips yang bisa kamu pakai untuk setidaknya menahan pipismu sampai kamu bisa mencapai toilet dengan selamat.

1. Tutup uretra

Kebanyakan orang melakukan ini secara otomatis ketika sedikit keinginan untuk pipis itu pertama kali dirasakan. Seiring dengan keinginan untuk pipis ini semakin mendesak, tanpa sadar tubuh kita sering menjadi tegang dan berusaha menahannya.

Padahal, mengencangkan otot-otot yang tidak perlu malah sia-sia dan memperburuk masalah. Fokuslah pada mengencangkan otot yang mengelilingi uretra sambil membiarkan otot-otot lain untuk tetap bersantai.

2. Posisikan tubuhmu

Caramu memposisikan tubuh bisa membantumu mengencangkan otot-otot di sekitar kandung kemih. Duduk dengan tegak dan jangan membungkuk karena akan menekan bagian bawah perutmu. Itu akan memberi tekanan lebih pada kandung kemihmu yang sudah penuh.

3. Berdiri dengan posisi kaki yang membuka lebar

Jangan duduk dan menyilangkan kakimu. Saat kamu ingin menahan pipis, kalau bisa ambil posisi berdiri dan buka kakimu dengan lebar. Pada awalnya memang akan terasa kalau pipismu sudah tidak bisa ditahan lagi, namun perasaaan itu akan hilang setelah sekitar 20 detik dan kamu akan lebih mampu menahan pipis dengan lebih lama lagi.

4. Relaks dan jangan tegang

Walaupun kamu disuruh untuk duduk dengan tegak, namun juga jangan tegang. Tegakkan tubuh bagian atasmu, namun biarkan perutmu tetap relaks. Jangan mencondongkan tubuh ke depan ataupun menarik perutmu ke dalam.

5. Jaga tubuhmu tetap hangat

Seperti yang mungkin kamu sudah ketahui, ruangan yang dingin membuat orang lebih sering buang air kecil. Karena itu saat kamu sedang menahan pipis, usahakan tubuhmu tetap hangat. Hindari terpaan angin langsung dari pendingin ruangan.

6. Jangan terlalu banyak bergerak

Hindari mengubah posisi tubuh secara mendadak. Tetaplah diam dan tenang, jangan panik dan jangan melompat-lompat karena kebelet pipis, seperti yang mungkin kamu pernah lihat di film-film. Hal itu hanya akan membuat kandung kemihmu bereaksi.

7. Cari hal yang bisa mendistraksi pikiranmu

Berusaha untuk pikirkan hal-hal lain selain rasa kebeletmu itu. Jangan pernah coba-coba untuk ‘pipis sedikit’ hanya agar rasa kebeletmu berkurang.

Jangan pernah melakukannya karena kandung kemihmu tidak akan berhenti meskipun kamu hanya berusaha untuk ‘pipis sedikit’. Hindari juga hal-hal yang lucu karena tertawa hanya akan membuat pipismu tidak terbendung.

Gunakan tips di atas hanya saat sedang dalam keadaan darurat saja ya. Karena kalau sering-sering dilakukan maka akan berdampak buruk pada kesehatan. (Red)

Sumber : IDN Times

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini