Beranda Kesehatan Cara Cegah Anak Terserang Penyakit Jelang Musim Pancaroba

Cara Cegah Anak Terserang Penyakit Jelang Musim Pancaroba

289
0
Ilustrasi - foto istimewa kompas.com

Musim pancaroba di negara-negara tropis seperti kerap kali memicu munculnya penyakit. Pada bulan-bulan tertentu, seperti September dan Oktober, sering pula dianggap sebagai waktu peralihan antara dua musim yaitu musim kemarau ke musim penghujan. Tak heran jika pada kedua bulan tersebut, hujan deras bisa turun tiba-tiba di tengah teriknya matahari atau sebaliknya.

Akibatnya, kondisi tubuh dipaksa untuk beradaptasi menyesuaikan perubahan cuaca yang begitu cepat. Jika kondisi tubuh tidak dalam keadaan optimal, penyakit seperti flu, batuk, hingga diare dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh.

Penyakit inilah yang kemudian rentan menyerang anak-anak hingga orang dewasa. Meski demikian, perkara penyakit di musim pancaroba tetap bisa dicegah dengan lima cara mudah seperti dilansir detik.com ini.

1. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Makanan yang sehat dan bergizi masih menjadi salah satu sumber penting untuk menciptakan kondisi anak yang prima. Lengkapi kebutuhan tubuhnya dengan komposisi yang tepat, baik dari karbohidrat, protein, mineral, hingga vitamin. Jangan lupa untuk berkreasi dan libatkan mereka dalam pembuatannya untuk belajar menghargai makanannya sendiri.

2. Lengkapi dengan Multivitamin

Setelah melengkapi anak dengan makanan 4 sehat 5 sempurna, tak ada salahnya jika Anda juga menyelipkan multivitamin untuk anak. Multivitamin ini akan membantu menjaga daya tahan tubuhnya saat musim pancaroba. Terlebih saat si kecil tetap ingin aktif beraktivitas di luar rumah. Untuk membuat si kecil nyaman meminum multivitamin, pilih rasa yang menarik agar mereka mudah mencernanya.

3. Ajarkan Pentingnya Mencuci Tangan

Meski terdengar sepele, ritual mencuci tangan justru sering kali diabaikan. Kuncinya adalah menjadikan kegiatan mencuci tangan sebagai kebiasaan yang menyenangkan dan bermanfaat bagi kesehatan anak. Dengan demikian, mereka akan otomatis mencuci tangannya sendiri usai melakukan beragam aktivitas.

4. Berikan Waktu Istirahat yang Cukup

Tanpa perlu membatasi aktivitasnya yang padat dan hobinya yang aktif bergerak, Anda sebaliknya bisa mengatur jadwal tidur yang cukup. Usai lelah beraktivitas, pastikan buah hati Anda dapat tidur nyenyak baik di siang dan malam hari. Selain mampu mengembalikan energinya yang sempat terbuang, anak juga menjadi lebih siap melanjutkan aktivitas berikutnya.

5. Menjaga Kebersihan di Rumah

Kebersihan rumah sudah seharusnya menjadi perhatian semua anggota keluarga. Untuk menambah keseruan, jadwalkan kegiatan ini di akhir pekan sambil memastikan semua anggota keluarga terjun langsung dan mendapat perannya masing-masing.

(Red)