Beranda Kesehatan Cara Berhenti Merokok yang Dijamin Ampuh

Cara Berhenti Merokok yang Dijamin Ampuh

Ilustrasi - foto istimewa kumparan.com

Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang berakibat pada berbagai macam penyakit dan masalah kesehatan. Untuk itu, dokter sering menyarankan kepada seseorang untuk berhenti merokok agar bisa hidup lebih sehat hingga usia tua.

Tapi banyak orang yang sering mengalami kegagalan ketika mencoba berhenti merokok. Perlu diingat bahwa berhenti merokok merupakan proses bertahap yang harus dilakukan dengan komitmen dan kesabaran penuh.

Berikut tujuh cara berhenti merokok secara alami yang dijamin efektif seperti dilansir  detikHealth:

1. Temukan Alasanmu

Agar lebih termotivasi untuk berhenti merokok, kalian butuh alasan yang kuat. Misalnya untuk melindungi keluarga dari asap secondhand, menurunkan risiko terkena kanker paru-paru, ingin merasa awet muda atau bahkan agar menghemat pengeluaran.

Pilih alasan yang sangat kuat hingga membuat kalian berpikir dua kali untuk kembali merokok.

2. Cari Nikotin Alternatif

Ketika berhenti merokok, kalian akan mengalami kondisi yang disebut nicotine withdrawal. Kondisi ini bisa membuat kalian merasa sakit kepala, mempengaruhi mood hingga menyedot energi.

Untuk menekan keinginan kembali merokok agar tidak terkena withdrawal kalian bisa mencari alternatif pengganti nikotin. Beberapa alternatifnya antara lain permen karet nikotin atau patch nikotin.

3. Relaksasi

Salah satu alasan seseorang merokok adalah untuk menenangkan diri dan menghindari stress. Sebagai gantinya kalian bisa mencoba melakukan teknik relaksasi seperti yoga, latihan pernapasan, pijat atau mendengarkan lagu yang menenangkan.

4. Hindari Alkohol dan Pemicu Lainnya

Banyak orang yang merokok sambil ditemani dengan meminum minuman beralkohol atau kopi. Jika sedang mencoba berhenti merokok, ada baiknya kalian hindari minuman ini yang berpotensi menjadi pemicu.

Selain itu, jika kalian biasa merokok setelah makan, coba lakukan hal lain seperti menggosok gigi atau mengunyah permen.

5. Bersihkan Rumah

Jika sudah memutuskan berhenti, buang asbak, rokok dan korek yang kalian punya. Bersihkan furnitur yang terkena bau asap rokok seperti karpet, sofa dan tirai.

Jangan lupa cuci baju yang terkena bau asap rokok. Intinya, sebisa mungkin kalian tidak melihat atau mencium sesuatu yang mengingatkanmu akan rokok.

6. Olahraga

Cara berhenti merokok seumur hidup yang bisa kalian coba adalah berolahraga. Badan yang lebih sering bergerak bisa membantu kalian menekan rasa ‘ngidam’ nikotin. Ketika muncul keinginan untuk merokok, ambil sepatu olahraga kalian dan coba lakukan jogging.

7. Kunyah Sesuatu

Cara berhenti merokok lainnya adalah kunyah permen saat rasa ngidam datang. Selain permen, kalian juga bisa mengunyah wortel, seledri, kacang atau bahkan kuaci.

8. Gunakan Aplikasi Pembantu

Saat ini sudah banyak aplikasi mobile yang diciptakan khusus untuk membantu berhenti merokok. Agar upaya berhenti merokok kalian bisa berjalan lebih lancar, coba gunakan aplikasi-aplikasi ini.

Beberapa aplikasi berhenti merokok yang bisa kalian unduh dan coba antara lain QuitNow!, Smoke Free, Kwit, MyQuit Coach dan masih banyak lagi.

9. Jangan Sambil Diet

Jangan coba diet saat sedang berusaha berhenti merokok. Karena rasa ngidam yang berlebih justru bisa memiliki dampak yang tidak diinginkan.

Tapi kalian bisa tetap makan dengan sehat, seperti memperbanyak konsumsi buah, sayur, biji-bijian dan protein dari daging.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini