Beranda Teknologi Cara Baca Google Maps Agar Tak Nyasar ke Hutan

Cara Baca Google Maps Agar Tak Nyasar ke Hutan

Ilustrasi - foto istimewa

SERANG – Meskipun sudah ada aplikasi Google Maps yang memudahkan semua orang mengetahui lokasi dan rute perjalanan, nyatanya kejadian kesasar masih ada. Maka dari itu, cara baca Google Maps agar tidak kesasar perlu benar-benar diperhatikan.

Seperti baru-baru ini viral di media sosial tentang sebuah mobil Honda HRV berwarna putih nyasar atau tersesat di hutan pegunungan Pati, tepatnya di Desa Wukirsari, Tambakromo, Kab Pati, Jawa Tengah. Padahal mobil itu menggunakan Google Maps.

Mobil yang dikendarai oleh Sigit Yudha Pradana ini dikabarkan tersesat pada hari Sabtu, 11 Februari 2023 waktu dini hari. Pengemudi mobil mengaku bahwa dia tersesat di hutan pegunungan Pati karena mengikuti Google Maps.

Kejadian aneh ini dibenarkan oleh AKP Pujiati selaku Kasi Humas Polresta Pati setelah pihak kepolisian menerima laporan adanya sebuah mobil HRV putih tersesat di hutan pegunungan Pati.

Bicara mengenai kendaraan tersesat karena arahan google maps ini memang sudah berkali-kali terjadi. Lantas, bagaimana cara baca Google maps agar tidak kesasar? Simak berikut ini ulasannya yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Aktifkan GPS dalam posisi “High Accuracy”

Mengatur GPS dengan kondisi “High accuracy” diklaim mampu menentukan titik lokasi secara lebih akurat. Hanya saja kondisi ini dapat menguras baterai lebih cepat. Adapun cara mengaktifkan fitur ini pada android yakni sebagai berikut:

Buka menu “Settings”, lalu klik “Location”

Kemudian, pilih “Google Location Accuracy”

Selanjutnta Geser toggle ke opsi “Improve Location Accuracy” sampai berubah warna hijau

Selain pada android, kamu juga bisa menggunakan fitur ini pada iOS. Adapun cara menggunakannya pada iOS yakni sebagai berikut:

Buka menu “Settings”, lalu klik “Privacy” dan klim “Location Services”

Kemudian, pilih aplikasi “Google Maps” dan geser toggle ke opsi “Precise Location” sampai berubah warna hijau

2.  Nonaktifkan Fitur Battery Savings

Baca Juga:Cara Buramkan Foto Rumah di Google Maps Demi Amankan Privasi

Fitur Battery Savings ini dapat berfungsi agar penggunaan aplikasi pada ponsel dapat dibatasi guna menghemat daya battery. Itu artinya, jika fitur ini diaktifkan maka dapat membuat kinerja ponsel terbatas, termasuk GPS.

Ini tentunya bisa memberikan dampak pada akurasi Google Maps. Oleh karena itu, sebabaiknya nonaktifkan fitur ini agar Google Maps bisa bekerja optimal.

3. Kalibrasi Sensor Kompas

Google Maps pada ponsel memiliki sensor magnetometer yang fungsinya untuk mengukur lokasi pengguna secara tepat. Pengguna secara berkala dapat melakukan kalibrasi. Adapun caranya sebagai berikut:

Buka Google Maps di ponsel, lalu klim ikon lingkaran biru yang memperlihatkan posisi lokasi Anda sekarang

Klik “Calibrate” (Kalibrasikan)

Kemudian gerakkan ponsel sampai membentuk pola menyerupai angka delapan

Jika sudah selesai dilakukan, sensor Google Maps pun telah berhasil dikalibrasi

4. Membersihkan Cache

Salah satu cara baca Google maps agar tidak kesasar yang juga perlu diketahui yaitu dengan menghapus atau membersihkan data cache aplikasi Google Maps secara berkala.

Ini dilakukan untuk menghindari adanya gangguan kinerja aplikasi. Membersihkan data cache tidak akan menimbulkan error. Adapun caranya sebagai berikut:

Buka menu “Settings, lalu “Apps”

Pilih apk Google Maps

Klik “Clear Data” dan “Clear Cache”

5. Nonaktifkan Lokasi Palsu

Perangkat Android biasanya memiliki opsi Developer Options yang dapat berfungsi untuk menggunakan mode pengembang. Melalui metode ini, Anda dapat melakukan pengaturan misalnya membuat koordinat GPS palsu dan lain sebagainya.

Hanya saja, jika ini dalam kondisi aktif, maka apk Google Maps akan terganggu saat menunjukan data lokasi yang akurat. Oleh karena itu, disarankan agar pengguna menonaktifkan fitur tersebut.

Demikian ulasan mengenai cara baca Google Maps agar tidak kesasar yang penting untuk diketahui para pengendara atau pengemudi kendaraan. Selain cara di atas, cara lainnya agar kinerja Google Maps tidak terganggu yaitu dengan menggunakan wifi atau instal ulang Google Maps.

(Red/suara.com)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini