Beranda Gaya Hidup Cara Aktifkan Fitur Cegah Begadang Youtube

Cara Aktifkan Fitur Cegah Begadang Youtube

Ilustrasi - foto istimewa trinunnews.com

JAKARTA — Youtube merilis fitur baru yang diberi nama bedtime reminders atau pengingat waktu tidur di aplikasinya. Penyematan fitur baru ini diharapkan agar penggunanya tidak larut menonton konten Youtube hingga lupa waktu dan tidak tidur alias begadang.

Dilansir dari The Verge, fitur cegah begadang ala Youtube ini merupakan lanjutan dari fitur wellness and screen time yang telah lebih dulu ada sejak 2018. Fitur tersebut juga difungsikan untuk membuat pengguna bertanggungjawab untuk menggunakan aplikasi youtube dan produk Google lainnya.

Fitur bedtime reminders muncul setelah adanya isu adanya pelonjakan waktu pengguna di depan layar ponsel serta komputer sejak pandemi virus corona meluas yang berimbas pada kebijakan karantina wilayah dan belajar atau bekerja dari rumah (Work From Home/WFH).

Pengguna bisa mengatur waktu secara spesifik untuk menghentikan pengguna menonton video, mengurangi durasi penggunaan smartphone, hingga menentukan waktu istirahat atau tidur agar tidak begadang hingga larut malam.

Secara teknis, fitur bedtime reminders bisa diatur untuk bisa menginterupsi video yang tengah penggunaan tonton atau menunggu hingga video tersebut habis. Tak hanya itu, fitur ini juga bisa ditotak (dismiss) atau ditunda (snooze) setelah notifikasi pengingat di Youtube sudah di-setting.

Fitur ini sudah tersedia di seluruh perangkat iOS dan Android. Melansir blog resmi Google, berikut cara mengaktifkan fitur Bedtime Reminder Youtube:

-Masuk (Sign In) ke akun Youtube.
-Buka Pengaturan (Settings).
-Klik bagian ‘Ingatkan Saya Pada Waktu Tidur’ (Remind Me When It’s Time for Bed).
-Tentukan waktu mulai muai (start) dan berakhir (end) untuk pengingat.
-Pilih ‘Tunggu hingga saya menyelesaikan video untuk memunculkan pengingat’ (Wait until I Finish My Video to Show Reminder) jika ingin notifikasi pengingat muncul setelah video yang Anda tonton selesai.

(Red)

Sumber : CNNIndonesia.com

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini