Beranda Gaya Hidup Cara Agar Lebih Nyaman dan Sehat Ketika Berada di Rumah

Cara Agar Lebih Nyaman dan Sehat Ketika Berada di Rumah

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Rumah perlu terasa nyaman dan sehat untuk dihuni. Belakangan ini, banyak perumahan mewah yang menawarkan hunian dengan segala fasilitas kesehatan dan kenyamanan.

Namun, Anda tidak perlu tinggal di rumah mahal untuk merasa betah dan sehat. Cukup lakukan 5 langkah ini dan Anda pun dapat merasakan rumah seperti layaknya istana. Berikut seperti dilansir womentalk.com.

1. Dapatkan penerangan alami





Jika Anda lebih sering berada di rumah, pastikan situasi rumah kondusif untuk kesehatan Anda. Salah satunya, dengan membuka jendela di pagi hari untuk mendapatkan udara segar dan memperoleh cahaya alami dari sinar matahari. Percaya, deh, penerangan yang ada di rumah dapat memengaruhi mood dan aktivitas Anda, termasuk untuk tidur.

2. Stok makanan sehat

Tidak perlu memiliki mesin pembuat jus organik untuk memiliki kehidupan yang lebih sehat. Anda cukup mengisi kulkas dengan makanan segar—seperti sayuran, ikan, dan buah—dan hindari menyimpan stok makanan beku. Makanan segar ini nantinya bisa Anda olah sendiri untuk menjadi makanan sehat untuk dikonsumsi bersama keluarga.

3. Pajang tanaman hijau

Anda tinggal di apartemen yang sempit sehingga tidak memiliki taman? Anda bisa tetap terhubung dengan alam dengan cara memajang pot berisi tanaman hijau di ruang tamu dan balkon. Meski sedikit, tanaman ini akan membuat udara di dalam ruangan lebih jernih. Dengan adanya udara segar, perasaan Anda pun bisa menjadi lebih baik.

4. Aroma menyegarkan

Beberapa penelitian menyebutkan kalau aroma tertentu seperti lemon dan jeruk efektif mengurangi rasa cemas, sedangkan aroma lavender dapat membuat otak jadi lebih tenang. Tidak ada salahnya Anda memasang pengharum ruangan dengan aroma ini—pilih yang wanginya tidak menyengat namun bisa dinikmati.

5. Disiplin menerapkan kebiasaan sehat

Bagi Anda yang bekerja dari rumah, Anda harus menyisihkan waktu untuk kegiatan fisik. Hindari duduk terlalu lama di depan komputer—bahkan sampai lupa minum, karena ini tidak baik untuk kesehatan. Tiap sejam cobalah berjalan mengelilingi rumah, atau pergi ke pekarangan untuk melihat tanaman hijau dan menghirup udara segar. Hal ini efektif untuk menyegarkan pikiran sehingga Anda pun dapat kembali bekerja dengan ide yang lebih beragam. (Red)