Beranda Kesehatan Capaian Vaksinasi Rendah, Bupati Lebak Blak-blakan di Depan Menkes

Capaian Vaksinasi Rendah, Bupati Lebak Blak-blakan di Depan Menkes

Kunjungan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin ke Baduy didampingi Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya(Foto Andi/BantenNews.co.id)

LEBAK – Kunjungan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin ke Baduy, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten disambut langsung oleh Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya, Kamis (14/10/2021).

Dalam kunjungan tersebut, Iti menyampaikan beberapa masalah terkait rendahnya capaian vaksinasi di hadapan Menkes pada sambutannya.

“Yang membuat rendah ini disamping topografi, memang vaksinasi masih bisa dilakukan oleh bidan, tetapi penanggungjawabnya harus dokter, untuk itu kami masih kekurangan dokter,” katanya.

Saat ini nakes khususnya dokter yang bertugas di Kabupaten Lebak tidak ada. Maka dari itu, untuk penanggungjawab vaksin seperti dokter saat ini tidak ada.

“Kami masih kekurangan dokter, kalau kemarin ada penambahan terkait intensif. Ada yang ditugaskan di Lebak, kalau sekarang tidak ada,” katanya.

“Dilemanya saat ini bagi kami, semoga ini menjadi solusi di Kabupaten Lebak. Ketika CPNS kuota untuk di Kabupaten Lebak tidak ada yang mau ngisi.”

Menanggapi persoalan itu, Menkes Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa saat ini persoalan kekurangan dokter bisa dibantu juga oleh bidan, TNI dan Polri.

“Masalah dokter ini saya paham, dengan aturan yang baru. Kita masih berpikir bagaimana untuk penempatan ini, karena dokter ini bukan hanya untuk sisi komersial tetapi sosialnya juga harus ada,” katanya.

Budi menambahkan bila untuk dokter-dokter ini dipaksa ditempatkan di daerah, maka akan melanggar hak asasi manusia.

“Kita akan cari dokter-dokter yang hatinya yang ingin mengabdi ke masyarakat,” pungkasnya. (Mg-And/Red)