Beranda Kesehatan Capaian Vaksinasi Dinilai Rendah, 2 Kecamatan di Kabupaten Serang Alami Hal Ini

Capaian Vaksinasi Dinilai Rendah, 2 Kecamatan di Kabupaten Serang Alami Hal Ini

Ilustrasi - foto istimewa

KAB. SERANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang menilai capaian vaksinasi Covid-19 di 5 kecamatan yakni Kecamatan Padarincang, Kecamatan Kibin, Kecamatan Cinangka, Kecamatan Kramatwatu, dan Kecamatan Bojonegara masih rendah. Hal itu berdasarkan data urutan cakupan vaksinasi Covid-19 Kabupaten Serang.

Rendahnya capaian vaksinasi Covid-19 ternyata disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti yang terjadi di Kecamatan Padarincang ternyata masih banyak masyarakatnya yang tak ingin divaksin sebab merasa tidak membutuhkan vaksinasi Covid-19.

“Yang belum divaksin ini adalah murni masyarakat yang memang aksesnya tidak ke mana-mana seperti ke sawah atau hanya berkebun dan mereka bilang mereka tidak butuh vaksinasi karena mereka tidak butuh sertifikat, tidak butuh ke mall, jadi murni masyarakat ini pribumi yang harus pelan-pelan kita berikan sosialisasi,” ujar Kepala Puskesmas Kecamatan Padarincang, Melly Siltina kepada BantenNews.co.id ketika dikonfirmasi pada Selasa (21/12/2021) lalu.

Menurut Melly untuk sosialisasi vaksinasi Covid-19 di wilayahnya tak cukup dari peran Camat, Kepala Puskesmas, dan para tenaga kesehatan (nakes) namun juga membutuhkan keterlibatan dari tokoh agama sekitar.

“Masyarakatnya juga di sini banyak pesantren-pesantren yang benar-benar harus ada sentuhan dari tokoh agama yang harus ada panutan dari mereka. Kalau hanya mungkin dari camat, Kepala Puskesmas, dari tenaga kesehatan lainnya mungkin belum bisa menyentuh mereka. Mungkin kami butuh level tersebut untuk menguatkan tentang vaksinasi ini. Karena memang masyarakat Padarincang dengan era digital ini informasi hoaks sangat cepat beredar di Padarincang,” tandas Melly.

Kendati demikian, pihaknya pun masih melakukan berbagai upaya agar masyarakat Kecamatan Padarincang berkeinginan untuk divaksinasi yakni dengan sosialisasi dan pembagian sembako namun pembagian sembako pun dinilai kurang efektif dikarenakan tak adanya bantuan dari donatur maupun Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan ataupun pengusaha.

Tak kehabisan cara, pada Selasa (21/12/2021) lalu para nakes di Puskesmas Padarincang juga sampai terjun ke jalanan untuk mengajak masyarakat yang melintas di Jalan Raya Palima-Cinangka (Palka) untuk mengikuti vaksinasi Covid-19.

“Salah satunya mungkin kita menarik dengan membagikan sembako cuma kita tidak punya CSR, kita tidak ada donatur. Kita sudah berupaya terjun ke lapangan, door to door ke titik-titik wilayah, mulai dari RT kita buka pos satu hari minimal 10 titik,” kata Melly.

Sasaran vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Padarincang yakni 54.145 orang. Sementara itu untuk total cakupan vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Padarincang hingga 21 Desember 2021 yakni untuk dosis 1 sebesar 17.675 atau 32,6 persen, untuk dosis 2 yaitu 8.807 atau 16,3 persen, kemudian untuk dosis 3 sebesar 63 atau 0,1 persen.

Dihubungi terpisah oleh BantenNews.co.id, Kepala Puskesmas Kecamatan Kramatwatu, Enik Utmawati menyebutkan beberapa faktor yang menjadi rendahnya vaksinasi Covid-19.

“Adapun kita masih rendah itu karena beberapa faktor. Kita kalau terkait dari wilayah hukum untuk koramil dan polsek masuknya Kota Serang ya nah sementara yang dinilai menjadi cakupan kami ini hanya yang dilakukan oleh puskesmas. Polsek, Danramil juga melaksanakan vaksinasi yang luar biasa dengan sasaran yang sama tapi kalau masuk wilayah hukum Kota Serang tidak menjadi capaian kami selaku kecamatan,” jelas Enik.

“Jadi memang kalau dilihat dari capaian puskesmas ya dengan yang 30 persen itu kesannya rendah tapi kalau dilihat realita data itu karena ada yang masuk di Kota Serang jadi sebenarnya lebih dari itu (lebih dari 30 persen). Baru per kemarin (Senin 20 Desember 2021), itu masuk ke Kabupaten Serang melalui puskesmas baru per kemarin,” imbuh Enik.

Terkait antusiasme masyarakat Kecamatan Kramatwatu, Enik menjelaskan masyarakatnya memiliki antusias yang tinggi untuk divaksin. Namun di awal ketika ketersediaan vaksin terbatas, mereka mencari ke Kota Serang dan Kota Cilegon sehingga hal itu menyebabkan tidak terdatanya peserta vaksin di Kecamatan Kramatwatu.

“Kalau antusias, kita di awal mengalami keterlambatan terkait dengan ketersediaan vaksin masyarakat awal sudah antuasias cuma ketersediaan vaksin terbatas sehingga memang karena Kecamatan Kramatwatu itu perbatasan antara Kota Cilegon dan Kota Serang, nah masyarakat juga banyak yang mencari ke Kota Serang maupun Kota Cilegon,” ujar Enik.

Meski demikian, pihaknya bersama pihak Kecamatan Kramatwatu, seluruh pihak desa di Kecamatan Kramatwatu, Polsek dan Koramil setempat terus berupaya menarik minat masyarakat untuk melakukan vaksinasi Covid-19 agar Kabupaten Serang dapat mencapai target herd immunity yakni 70 persen.

“Kita Puskesmas dengan lintas sektor pak Camat, bapak ibu kepala desa, Polsek, Koramil kita tetap optimis semangat Kabupaten Serang mencapai 70 persen capaian vaksinasinya di sisa waktu yang ada kita optimalkan. Pembagian sembako untuk menarik minat masyarakat masih kami lakukan juga. Bapak camat menggerakan para pengusaha untuk mendorong memberikan CSR untuk menarik masyarakat dalam mengikuti kegiatan vaksinasi. Jadi bagi-bagi beras seperti itu,” kata Enik.

Kecamatan Kramatwatu memiliki 77.973 sasaran vaksinasi Covid-19. Berdasarkan data total cakupan vaksinasi hingga 21 Desember 2021, vaksinasi dosis 1 di Kecamatan Kramatwatu sebesar 24.773 atau 31,8 persen dan untuk dosis 2 yakni 11.270 atau 14,5 persen.

Berikut data total cakupan vaksinasi Covid-19 hingga 21 Desember 2021 di 3 kecamatan lainnya yang masih dinilai rendah:

Untuk Kecamatan Kibin memiliki sasaran sebanyak 43.569. Vaksinasi Dosis 1 di Kecamatan Kibin yakni sebesar 14.065 atau 32,3 persen, dosis 2 yaitu 8.669 atau 19,9 persen dan dosis 3 sebesar 77 atau 0,2 persen.

Selanjutnya, vaksinasi dosis 1 di Kecamatan Cinangka yakni sebesar 15.066 atau 31,9 persen, dosis 2 sebesar 8.771 atau 18,6 persen, dan dosis 3 sebesar 42 atau 0,1 persen. Total sasaran vaksinasi di Kecamatan Cinangka yaitu sebesar 47.180.

Di Kecamatan Bojonegara, cakupan vaksinasi dosis 1 yakni sebesar 11.866 atau 31,1 persen, dosis 2 yakni 7.509 atau sebesar 19,7 persen, dan dosis 3 sebesar 35 atau 0,1 persen. Total sasaran vaksinasi di Kecamatan Bojonegara yakni 38.158.

(Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini