Beranda Pariwisata Cantiknya Lanskap Ekowisata di Empat Kecamatan di Lebak

Cantiknya Lanskap Ekowisata di Empat Kecamatan di Lebak

112
0
Siswa tengah menikmati salah satu ekowisata di Kabupaten Lebak.

 

LEBAK – Empat kecamatan yaitu Kecamatan Cibeber, Cirinteun, Leuwidamar serta Curug Bitung di Kabupaten Lebak akan dikembangkan menjadi kawasan ekowisata di Kabupaten Lebak.

Kasi Destinasi dan SDM Dinas Parawisata Lebak Endang Supriatna mengatakan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Dinas Pariwisata fokus mengembangkan ekowisata di empat kecamatan tersebut.

“Ekowisata atau ekoturisme merupakan kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan. Saat ini sedangkan kita buatkan lanskap-nya,” kata Endang.

Wilayah yang masuk dalam ekowisita di antaranya Baduy di Kecamatan Leuwidamar, Citorek di Kecamatan Cibeber, Cibarani di Kecamatan Cirinteun dan Guradog di Kecamatan Curugbitung.

“Wilayah tersebut akan dikembangkan menjadi ekosistem, hal ini sesuai dengan visi dan misi Bupati menjadikan Lebak sebagai destinasi unggulan nasional berbasis potensi lokal,” katanya.

Tujuan dari pengembangan ekowisata lanskap Baduy, Citorek, Cibarani dan Guradog ialah dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan. Serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Selain itu sebagai upaya mempromosikan obyek wisata Lebak. Bahwa banyak tempat yang bisa dikunjungi dalam satu kali perjalanan wisata,” katanya.

Lebih lanjut Endang mengatakan, dimana dalam satu kali perjalanan wisata, para wisatawan akan mendapatkan kesempatan berwisata di banyak tempat. Meliputi wisata budaya, religi, alam, dan peninggalan purbakala secara sekaligus.

“Saat ini tim sedang berada di lapangan untuk menyusunnya. Untuk kemudian hasilnya nanti dipublikasikan kepada masyarakat,” katanya.

Sementara Kepala Bappeda Kabupaten Lebak Virgojanti mengungkapkan, bahwasannya timnya sudah turun ke daerah tersebut. “Pekan depan diagendakan akan digelar rapat bersama. Untuk membahas terkait hal itu,” katanya.

Dulhani Kepala Desa Cikarang, mengapresiasi langkah Pemkab Lebak melalui Bappeda dan Dinas Pariwisata yang turun ke Cibarani untuk melakukan pemetaan tempat obyek wisata.

“Di Cibarani sangatlah lengkap, ada wisata adat dan budaya, religi, serta alam karena dimana terdapat Curug Cibatu Ngeunah, goa dan sumur tujuh. Kami tentunya sangat menyambut baik karena dengan begitu akan membuat tempat obyek wisata di Cibarani semakin dikenal dan akan mendatangkan kunjungan wisatawan,” katanya. (Ali/Red)