Beranda Peristiwa Calon Jemaah Umrah Kota Serang Siap Berangkat, Begini Teknisnya

Calon Jemaah Umrah Kota Serang Siap Berangkat, Begini Teknisnya

Ilustrasi - foto istimewa

SERANG – Kasi Penyelanggara Ibadah Umrah dan Haji pada Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Serang, Deni Rusli mengatakan, pemerintah Arab Saudi pada 1 Desember 2021 mengizinkan penerbangan dari Indonesia mendarat langsung ke Arab Saudi, tanpa harus transit di negara ketiga untuk menjalani karantina.

“Kebijakan tersebut artinya pemerintah Arab Saudi mulai 1 Desember 2021 hari ini membuka gerbang pelaksanaan ibadah umrah bagi calon jemaah asal Indonesia,” ucapnya, Rabu (1/12/2021).

Ia menjejelaskan, teknis pelaksanaan ibadah umrah di tengah pandemi Covid-19 harus dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Calon jemaah umroh asal Kota Serang yang tertunda keberangkatannya sejak awal tahun 2020 sekitar 367 calon jemaah,” ujarnya.

Deni mengatakan, pertama yang akan diberangkatkan adalah para pengelola penyelenggara perjalanan ibadah umrah. Setelah itu, memprioritaskan ratusan calon jemaah yang kemarin tertunda  keberangkatanya di tahun 2020.

“Perbedaanya calon jemaah umroh akan menjalani screening kesehatan di asrama pondok haji Pondok Gede, termasuk menjalani karantina beberapa hari menunggu keberangkatan. Jika dinyatakan sehat, maka calon jemaah umroh tersebut diberangkatkan,” ucapnya.

Deni menerangkan, ada sejumlah syarat yang harus dijalani bagi calon jemaah umroh yang akan diberangkatkan, seperti dijaminan sehat tanpa kasus yang berkaitan dengan Covid-19.

Kemudian saat di Arab Saudi, jemaah umroh patuh dengan prokes diterapkan pemerintah setempat. Sehingga ketika pulang  jemaah umroh tidak membawa kasus Covid-19 dan sudah vaksin lengkap.

“Jika ada calon jemaah umroh yang tidak patuh dengan protokol kesehatan, maka tidak akan diberangkatkan,” ucapnya. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini