Beranda Peristiwa Calo Tenaga Kerja di PT Nikomas Diduga Patok Tarif Rp30 Juta

Calo Tenaga Kerja di PT Nikomas Diduga Patok Tarif Rp30 Juta

Sebuah spanduk menyindir praktik calo tenaga kerja dipasang warga. (IST)

SERANG – Praktik percaloan calon tenaga kerja di PT Nikomas Gemilang, Kibin, Kabupaten Serang semakin menggila. Tidak tanggung-tanggung, para calo mematok tarif Rp30 juta untuk calon tenaga kerja pria dan Rp20 juta untuk calon tenaga kerja wanita.

Sabila, bukan nama sebenarnya mengaku pernah mencoba melamar ke perusahaan alas kaki di Kabupaten Serang tersebut. Ia pernah diminta sejumlah uang untuk “pelicin” agar diterima sebagai karyawati. “Iya, bilangnya dijamin kerja, nggak kontrak langsung jadi karyawan tetap,” ujarnya berbincang dengan BantenNews.co.id, Senin (20/6/2022).

Lain halnya dengan MP, karyawan di PT Nikomas Gemilang menuturkan praktik percaloan di tempatnya bekerja bukan rahasia. “Ya begitu, kalau di sini sudah jadi rahasia umum kalau mau kerja ya ada biaya adminnya. Tapi memang enaknya di sini nggak kaya tempat lain yang kontrak. Langsung karyawan tetap kalau di sini,” ujarnya.

Sebelumnya, spanduk berisi keluhan masyarakat sekitar kawasan PT Nikomas Gemilang viral di media sosial. Spanduk dengan cat tersebut berisi tulisan “Sedih Lur, Loker (lowongan kerja) Nikomas banyak warga Tambak menganggur,” tulisan dalam spanduk.

Dalam spanduk lain tertulis, “Ya Allah jaluk duit 30 juta gona megawe ning Nikomas (ya Allah minta uang Rp30 juta buat masuk kerja di Nikomas),” begitu bunyinya.

Hingga berita ini diturunkan BantenNews.co.id masih berupaya menghubungi pihak PT Nikomas Gemilang. (You/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini