Beranda Kesehatan Cakupan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Serang Jauh dari Target

Cakupan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Serang Jauh dari Target

Kepala Dinkes Kabupaten Serang Agus Sukmayadi. (Nindi/bantennews)

KAB. SERANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang menggelar rapat evaluasi kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk mendukung percepatan vaksinasi di Kabupaten Serang.

Saat ini vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Serang dinilai masih jauh dari target untuk membentuk herd immunity.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang, cakupan vaksinasi yang masih rendah diantaranya terjadi di Kecamatan Ciomas,  Pabuaran, dan  Gunungsari.

Kepala Dinkes Kabupaten Serang, Agus Sukmayadi menyebutkan ada beberapa permasalahan yang menyebabkan cakupan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Serang masih jauh dari target, salah satunya adalah belum adanya sentra vaksinasi.

“Kabupaten Serang belum punya sentra vaksin karena luasnya wilayah Kabupaten Serang yang agak sulit untuk menentukan sentra vaksin,” ujar Agus dalam Rapat Evaluasi Kegiatan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Serang, Selasa (31/8/2021).

Ditambahkan Agus, kebutuhan sentra vaksinasi dinilai dapat mempercepat vaksinasi dan sentra vaksin yang dibutuhkan di Kabupaten Serang tidak hanya berada di satu titik dikarenakan luasnya wilayah Kabupaten Serang.

“Mungkin sentra vaksinasi yang harus disiapkan tidak di satu tempat. Sehingga untuk sentra vaksin mungkin nanti dibuat per-klaster lebih efektif disamping juga pelayanan vaksin yang dibuka di puskesmas,”

Kemudian, permasalahan lainnya diantaranya penggerak sasaran belum maksimal dan jumlah tenaga kesehatan (nakes) yang masih terbatas.

Agus juga mengatakan faktor lain yang menjadi kendala percepatan vaksinasi Covid-19 yaitu keinginan masyarakat untuk vaksinasi Covid-19 masih kurang.

“Kendalanya yaitu keinginan masyarakat untuk ke puskesmas untuk vaksinasi masih minim,” kata Agus.

Berdasarkan data dari Komite Penanganan Coronavirus Disease 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), cakupan vaksinasi program di Kabupaten Serang untuk dosis pertama mencapai 21,26 persen dan untuk dosis kedua adalah 8,47 persen. Sementara untuk dosis ketiga yang saat ini diperuntukkan tenaga kesehatan (nakes) baru mencapai 0,07 persen.

(Nin/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini