Beranda Politik Cak Imin Temui Ratusan Pensiunan ASN di Serang, Bahas Kesejahteraan dan Desentralisasi

Cak Imin Temui Ratusan Pensiunan ASN di Serang, Bahas Kesejahteraan dan Desentralisasi

Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar, atau akrab disapa Cak Imin, bertemu dengan ratusan pensiunan ASN Pemkot Serang dan Pemprov Banten.

SERANG – Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar, atau akrab disapa Cak Imin, bertemu dengan ratusan pensiunan ASN Pemkot Serang dan Pemprov Banten di Teras Kafe, Kota Serang, pada Jumat (2/2/2024). Dalam kegiatan dialog kebangsaan ini, Cak Imin membahas berbagai isu, termasuk kesejahteraan pensiunan dan desentralisasi.

Cak Imin mengapresiasi semangat para pensiunan ASN yang masih tinggi dan aktif dalam kehidupan sosial. Ia menekankan pentingnya merencanakan kesejahteraan pensiunan secara jangka panjang.

“Nasib pensiunan ini harus direncanakan, selama target-target puluhan tahun, bukan 5 tahun sekali. Sehingga pensiunan ini harus direncanakan kesejahteraannya supaya APBN kita mencukupi. Sampai tahapan kesejahteraannya semakin meningkat,” ujar Cak Imin.

Ia pun mengusulkan kenaikan tunjangan pensiun secara simultan dan bertahap setiap tahun. Hal ini diharapkan dapat memberikan jaminan kesejahteraan bagi para pensiunan di masa tua.
Cak Imin juga berbicara tentang desentralisasi dan semangat reformasi. Ia ingin mengembalikan spirit otonomi daerah, melibatkan hak rakyat dalam pemilihan langsung presiden, dan menegakkan negara hukum.

“Perubahan yang kita usung itu mengembalikan spirit tujuan reformasi dan demokrasi. Gimana sejak awal 3 hal yang pertama otonomi daerah yang kedua melibatkan proses hak rakyat dalam hal ini pemilihan langsung Presiden harus langsung keterwakilan langsung itu produk reformasi. Nah yang ketiga ini yang negara hukum bukan negara kekuasaan,” ujarnya.

Soal persiapan Debat Capres, Cak Imin mengaku pihaknya telah melakukan persiapan matang untuk debat capres yang akan diadakan pada 4 Februari mendatang. “Semua serahkan pada Pak Anis,” ujarnya.

Sementara saat disinggung target suara di Banten.Ia menambahkan, suara di Banten diprediksi mencapai 70%. Ia optimis dapat meraih kemenangan di tiga provinsi, yaitu Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten.

“Alhamdulillah, termasuk seperti DKI dan Jawa Barat ini kita sudah sampai pada optimisme menang di tiga provinsi ini. Jawa Barat kuat sekali, DKI otomatis karena Mas Anis mantan gubernur yang diterima, yang ketiga di Banten, dan fanatiknya luar biasa. Nanti tambah Jawa Timur, Jawa Tengah saya kira sudah cukup untuk menang,” kata Cak Imin.

Terkait mundurnya Mahfud MD dari jabatan Menkopolhukam, Cak Imin melihatnya sebagai pembelajaran bagi para calon pemimpin yang masih menjabat.

“Setidaknya jadi pembelajaran kepada para calon yang sedang menjabat, apakah Pak Prabowo, apakah Gibran yang masih menjabat sebagai pejabat Sentral yang menentukan kebijakan kementrian atau pemerintah daerah,” ujarnya. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini