Beranda Pemilu 2024 Cak Imin Menyesalkan Penghapusan Debat Khusus Cawapres

Cak Imin Menyesalkan Penghapusan Debat Khusus Cawapres

Pasangan Anies-Muhaimin nomor urut 1, Prabowo-Gibran nomor ururt 2, dan Ganjar-Mahfud nomor urut 3 saat penetapan nomor urut pasangan Capres dan Cawapres Pemilu 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (14/11/2023). (Foto istimewa suara.com)

JAKARTA – Calon Wakil Presiden (cawapres) nomor urut 1, Muhaimin Iskandar menyesalkan ditiadakannya debat khusus untuk cawapres dalam rangkaian Pemilu 2024.

Pria yang karib disapa Cak Imin ini menyesalkan penghapusan debat untuk cawapres, tidak seperti lima tahun lalu saat Pilpres 2019.

“Saya belum tau maksudnya apa? Kok perubahan itu terjadi, tentu kita menyesal itu terjadi. Tidak seperti lima tahun yang lalu,” katanya, saat di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Jumat (1/12/2023) malam.

Ketua Umum PKB ini mengaku debat khusus cawapres dinilai sebagai wadah untuk para wakil beradu gagasan.

Menurutnya, kontestasi pemilu yang baik, mendasar kepafa adu gagasan, program dan ide.

“Ya sebetulnya debat ini kan bagian dari transparansi rencana dan gagasan kedepan. Kalo pemilu ini mau baik ya kita adu gagasan, adu program, adu ide,” jelasnya.

Sebagai Cawapres dari Anies Baswedan, ia mengaku sebenarnya telah siap akan tersebut. Namun hal itu ditiadakam oleh KPU.

“Kita siap melakukan itu, tapi KPU kita tunggulah supaya lebih terbuka,” tandasnya.

Sebelumnya, KPU memutuskan debat capres-cawapres tidak digelar terpisah.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengatakan, semua pasangan calon (paslon) bakal hadir secara bersamaan.

“Pada dasarnya, dalam pertemuan KPU dengan pasangan calon, lima kali debat itu, pasangan calon semuanya hadir,” kata Hasyim di KPU, Kamis (30/11/2023) kemarin.

Ketentuan tersebut, lanjut Hasyim, untuk menunjukan kepada publik bahwa paslon yang berkontestasi memiliki satu kesatuan dan bisa saling bekerja sama.

Kendati demikian, nantinya akan ada pembagian porsi pada gelaran debat tersebut. Dari lima kali debat, tiga di antaranya merupakan debat capres dan dua debat cawapres.

Diketahui, KPU RI telah menetapkan debat capres-cawapres sebelum pemungutan suara bakal digelar sebanyak lima kali.

Debat capres-cawapres bakal digelar pada bulan Desember sebanyak dua kali. Sementara pada bulan Januari 2024, debat capres-cawapres dilakukan sebanyak dua kali, dan pada Februari 2024 sebanyak satu kali.

Berikut jadwal debat capres-cawapres dalam rangkaian Pilpres 2024:

Selasa, 12 Desember 2023

Jumat, 22 Desember 2023

Minggu, 7 Januari 2024

Minggu, 14 Januari 2024

Minggu, 4 Februari 2024.

 

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini