Beranda Bisnis Cabai dan Petai Asal Serang Diekspor ke Jepang

Cabai dan Petai Asal Serang Diekspor ke Jepang

Cabai dan petai asal Banten di ekspor ke Jepang - foto istimewa

CILEGON – Jenis sayuran asal Banten, tepatnya di wilayah Serang seperti petai, cabai keriting merah dan cabai rawit merah diekspor perdana ke luar negeri, khususnya negara Jepang.

Adalah Ahmad Gunawan, eksportir jenis sayuran tersebut. Gunawan mengaku mendapatkan pesanan sayuran tersebut dari pasar swalayan dan restoran di Jepang.

“60 kilogram petai dan sayuran lainnya ini merupakan pesanan perdana. Rencanannya akan ada lebih dari 500 kilogram yang akan dikirim rutin tiap minggunya,” ungkap Gunawan kepada petugas Klinik Ekspor Karantina Pertanian Cilegon yang saat itu membimbing proses pengajuan sertifikasi karantina, Minggu (19/1/2020).

Gunawan menuturkan memperoleh petai dari kebun petani di Serang. Kemudian dia mengemasnya dengan kemasan plastik hampa udara dan dibekukan, begitu pula dengan cabainya. Semuanya kemudian dikirim mengunakan jasa pengiriman.

Dengan menekuni bisnis ekspor komoditas pertanian tersebut, Gunawan mampu mengantongi keuntungan 20 hingga 100 persen.

Menanggapi hal tersebut, Raden Nurcahyo, Kepala Karantina Pertanian Cilegon memfasilitasi persyaratan ekspor dalam pemenuhan sertifikat kesehatan tumbuhan agar ekspor tidak ditolak oleh negara tujuan.

“Kini masyarakat semakin maju dan modern, pandai menangkap peluang bisnis yang sangat baik, kami Karantina Pertanian akan mendukung penuh agar ekspor pertanian Indonesia maju,” tutup Raden melalui siaran tertulis.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini