Beranda Peristiwa Buset! Warga Lebak Simpan Granat Aktif di Samping Rumah

Buset! Warga Lebak Simpan Granat Aktif di Samping Rumah

Anggota Satreskrim Polres Lebak bersama anggota Satuan Brimob Polda Banten mengevakuasi granat yang dikubur warga Lebak tak jauh dari kediamannya. (Istimewa)

LEBAK – Andi (49) warga Kampung Sumur Leuweung, Desa Tambak Baya, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak menyimpan granat aktif di samping rumahnya. Hal itu lantaran ia baru mengetahui bahwa benda berbentuk nanas itu merupakan granat.

Penemuan granat aktif itu bermula saat Andi membersihkan saluran air yang berada di lokasi persawahan yang beralamat di Kampung Pasir Pogor, Desa Tambak Baya, Kecamatan Cibadak pada Selasa 30 Juni 2020 sekitar pukul 15.00 WIB.

Pada saat ditemukan granat itu masih berlumuran lumpur dan setelah dibersihkan selanjutnya warga tadi membawa granat tersebut ke rumahnya yang tidak jauh dari lokasi penemuan.

Setelah itu, penemu granat menceritakan perihal benda yang ditemukannya pada sang istri dan sang istri menyarankan agar benda tadi dikuburkan di samping rumah tepatnya di pohon melinjo.

Pada Rabu (15/7/2020), Sukramah teman Andi berkunjung ke rumahnya. Setelah berbincang beberapa saat dia menceritakan pada temannya bahwa menemukan sebuah benda aneh dan disimpan di samping rumah.

“Jadi temannya Andi ini yakni Sukramah memberitahu pada Andi bahwa benda tersebut merupakan granat dan disarankan agar Andi melaporkan kejadian tersebut ke pada kami,” kata Kasat Reskrim Polres Lebak AKP David Adhi Kusuma, Jumat (17/7/2020).

Setelah mendapatkan laporan itu, selanjutnya anggota Satreskrim Polres Lebak berkoordinasi dengan Satuan Brimob Polda Banten untuk dilakukan pemusanahan granat tersebut.

“Disposal atau pemusnahan dilakukan di belakang Polsek Cibadak oleh tim Jibom Polda Banten. Kami mengimbau kepada masyarakat bahwa apabila menemukan barang-barang berbahaya maupun mencurigakan sebaiknya segera melaporkan ke kepolisian,” pesannya. (Med/Red)