Beranda Pariwisata Bus Trans Anggrek Tangsel Terparkir di Jalan Ciater Serpong, Angkut Sewa Tim...

Bus Trans Anggrek Tangsel Terparkir di Jalan Ciater Serpong, Angkut Sewa Tim Persita

Bus Trans Anggrek Circle Line.

TANGSEL – Sebanyak dua Bus Trans Anggrek Circle Line milik Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) nampak terparkir di Jalan Ciater, Kecamatan Serpong, pada Selasa (2/8/2022).

Diketahui, bus-bus yang semula untuk transportasi umum masyarakat Tangsel tersebut, dalam rangka mengurai kemacetan, sudah lama tidak beroperasi.

Bus Trans Anggrek yang berjumlah 5 unit itu merupakan hibah dari Kementerian Perhubungan.

Pada 2020 lalu, wartawan media ini mencoba menguak anggaran untuk pemeliharaan Bus Trans Anggrek yang saat itu sudah mogok operasi.

Hasilnya, didapat informasi dari Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangsel, Purnama Wijaya yang saat itu masih menjabat bahwa, anggaran pemeliharaan 5 Bus Trans Anggrek itu sebesar Rp6,25 miliar pada tahun 2015 silam.

Untuk tahun-tahun selanjutnya, armada Bus Trans Anggrek tetap mendapatkan anggaran pemeliharaan. Namun, sejak 2019 armada bus mogok operasi.

Menurut Purnama, armada bus Trans Anggrek memang sudah tidak beroperasi lagi lantaran tidak efektif dan hendak dijadikan transportasi khusus karyawan Pemkot.

“Sudah tidak efektif mau kita alihkan untuk khusus karyawan pemkot saja karena bus-bus itu kan masih plat merah, kalau angkutan umum kan harus plat kuning,” ujar Purnama kepada BantenNews.co.id, Selasa (14/1/2020) silam.

Sepengetahuan awak media, armada bus tidak lagi dioperasikan termasuk untuk karyawan Pemkot. Bus-bus tersebut hanya terparkir di kir Dishub Tangsel.

Awak media menduga, bus-bus tersebut beroperasi untuk mengangkut sewa. Hal itu diketahui saat dua bus terparkir di Jalan Ciater Serpong.

Saat ditemui di lokasi, tim operasional Dishub Tangsel, Hendra mengaku sudah mendapatkan surat keluar dari atasan untuk mengoperasikan 2 bus itu.

“Kalau kami sih pelaksana aja. Kita sih berharapnya Jalan lagi, kan selama pandemi ga jalan,” ujar Hendra dengan terburu-buru.

Kata dia, operasinya saat ini untuk mengangkut sewa tim sepak bola Persita Tangerang. “Jadi ini lagi ada kegiatan aja kalau ga salah Persita ya,” ungkapnya.

(Ihy/Red)