Beranda Pemerintahan Penanggulangan Soal Stunting, Pemkab Serang Salurkan Bantuan Pangan

Penanggulangan Soal Stunting, Pemkab Serang Salurkan Bantuan Pangan

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyalurkan bantuan pangan untuk keluarga rawan stunting.
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyalurkan bantuan pangan untuk keluarga rawan stunting.

KAB. SERANG – Sebanyak 7.421 orang di Kabupaten Serang mendapatkan bantuan pangan. Bantuan yang berasal dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) RI dan didistribusikan melalui Kantor Pos Indonesia itu diberikan kepada keluarga rawan stunting.

Pada tahun 2019, kasus stunting di Kabupaten Serang sebanyak 39,4 persen, kemudian pada tahun 2021 mengalami penurunan yang cukup signifikan yaitu menjadi 27,2 persen dan pada tahun 2022 kembali turun menjadi 26,4 persen.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan, pihaknya memiliki target untuk menurunkan angka stunting pada tahun 2023 menjadi 18 persen. Saat ini, Kabupaten Serang menjadi salah satu daerah prioritas untuk penanganan stunting lantaran kasusnya masih terbilang cukup tinggi meskipun setiap tahunnya mengalami penurunan.

“Pada tahun 2023 kita mempunyai target kasus stunting turun menjadi 18 persen,” ujarnya saat diwawancarai usai penyerahan secara simbolis bantuan pangan kepada keluarga penerima stunting di Halaman Puskesmas Baros, Rabu (3/5/2023).

Tatu menjelaskan, bantuan yang disalurkan pemerintah itu bertujuan untuk menekan kasus stunting. Terkait data penerima bantuan tersebut berdasarkan data yang tercatat di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang dan kemudian diserahkan kepada BKKBN. Adapun jenis bantuannya yakni berupa seekor ayam potong dan delapan butir telur.

“Kabupaten Serang ada 7.421 keluarga rawan stunting yang mendapatkan bantuan,” kata Tatu.

Bupati menyebutkan pihaknya terus melakukan berbagai upaya untuk menurunkan kasus stunting dengan berbagai program yang ada di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

“Program penurunan stunting ini menjadi program keroyokan beberapa OPD di Pemkab Serang,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Serang, Suhardjo mengatakan, akan terus berkoordinasi dengan Kantor Pos Cabang Serang terkait pendistribusian bantuan tersebut. Selain bantuan untuk penanganan stunting, Kabupaten Serang juga mendapatkan bantuan beras untuk 85.123 penerima manfaat.

Setiap penerima bantuan mendapatkan 10 kilogram beras selama tiga bulan.

“Untuk penyaluran bulan pertama sudah kita lakukan sebelum Idulfitri, Insya Allah penyaluran tahap kedua dan ketiga akan segera disalurkan dalam waktu dekat,” ucapnya. (Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini