Beranda Pendidikan Bupati Serang: Lembaga Pendidikan Swasta Tingkatkan IPM

Bupati Serang: Lembaga Pendidikan Swasta Tingkatkan IPM

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah didampingi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Serang Mansur Barmawi, Kepala Dindikbud Asep Nugrahajaya, Camat Waringinkurung Warnerry Poetry, dan Ketua Yayasan Bina Insani Cahaya Abadi Salim Asoba Meresmikan Gedung Baru SDIT Bina Insani 2 pada Selas (28/12/2021). ( Foto: Diskominfosatik Kabupaten Serang)

KAB. SERANG – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan dengan banyaknya sekolah swasta yang sampai saat ini masih berdiri, dapat membantu untuk menaikan rata-rata harapan lama sekolah di Kabupaten Serang.

“Dengan hadirnya sekolah terpadu seperti ini anak-anak dari SD rasanya bisa 100 persen lanjut ke jenjang SMP dan SMA, ini bisa meningkatkan rata-rata lama sekolahnya. Dan itu indikator-indikator pendidikan untuk mendongkrak Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kita,” ujar Tatu usai meresmikan Gedung Baru Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Bina Insani 2 di Kampung Sindang Asih, Kecamatan Waringinkurung, Selasa (28/12/2021).

Saat ini, rata-rata lama sekolah di Kabupaten Serang sekitar 7 tahun. Rata-rata lama sekolah dipengaruhi dengan jumlah usia sekolah lalu dibandingkan dengan fasilitas seperti ruang kelas serta sarana prasarana lainnya.

Sementara untuk rata-rata harapan lama sekolah yakni sekitar 6,7 tahun

“Dengan jumlah anak-anak harusnya usia sekolah tapi sarana prasarananya masih kurang. Untuk sekolah negeri kan tenaga pendidiknya PNS, sulit juga kita PNS bukan kewenangan lagi kepala daerah untuk PNS. Sekarang aja kita masih butuh tenaga pendidik, 50 persen dari tenaga pendidik kita masih belum di angkat menjadi PNS, mereka masih honor ini masih PR kami, PR Pemda,” jelas Tatu.

Tatu berharap untuk tenaga pendidik di SDIT Bina Insani 2 dapat memenuhi standar dan untuk pengurus yayasan agar segera dapat berkomunikasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang.

“Komunikasi supaya terus bisa berjalan bersama-sama, saling mengisi apa kekurangan di sini nanti di Pemda apa yang bisa di bantu, atau juga kurikulumnya kan itu harus di ketahui oleh dinas,” ungkap Tatu.

SDIT Bina Insani 2 yang dibangun oleh Yayasan Bina Insani Cahaya memiliki sejumlah keunggulan-keunggulan yang harus menjadi konsen oleh pihak yayasan.

“Saya paling senang pendidikan terpadu dengan agamanya. Karena kondisi persoalan dibawah di anak-anak SD dan SMP melakukan hal-hal yang diluar dilarang oleh agama, ini juga tentunya dengan pembekalan pendidikan agama dari sejak usia dini SD ini, pasti akan menjadi bekal keimanan anak-anak kita,” imbuh Tatu.

Hadir pada peresmian tersebut, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Serang, Mansur Barmawi, Kepala Dindikbud Kabupaten Serang, Asep Nugrahajaya, Camat Waringin Kurung, Warnerry Poetry, Ketua Yayasan Bina Insani Cahaya Abadi, Salim Asoba, dan para orangtua siswa.

Kepala Dindikbud Kabupaten Serang, Asep Nugrahajaya mengatakan dengan banyakny pertumbuhan jumlah siswa usia sekolah maka diperlukan sekolah-sekolah untuk bisa menampung jumlah masyarakat usia sekolah di masyarakat.

“Karena ini berkaitan dengan rata-rata lama sekolah dan harapan lama sekolah, sekolah ini yang membantu untuk menjadi perhatian dalam kontek IPM. (Sekolah) ini buat masyarakat di sekitar ini menjadi fasilitas yang memudahkan, itu konteksnya,” ujar Asep.

Senada dengan Bupati Serang dan Kepala Dindikbud, Ketua Yayasan Bina Insani Cahaya Abadi Salim Asoba mengatakan, dengan dibangunnya SDIT Bina Insani 2 dapat memberi kontribusi lebih banyak terhadap anak-anak khususnya di Kabupaten Serang

“Karena kita kan mengusung peradaban dunia, Insya Allah,” kata Salim. (Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini