Beranda Pemerintahan Bupati Pandeglang Minta Pengelolaan Dana Desa Transparan

Bupati Pandeglang Minta Pengelolaan Dana Desa Transparan

Workshop Hasil Evaluasi Implementasi Siskudes Dalam Tatakelola Keuangan Desa yang dilaksanakan oleh BPKP Provinsi Banten, Kamis (21/11) di Pendopo Pandeglang. Foto istimewa

PANDEGLANG – Dana Desa merupakan anggaran yang tidak sedikit. Bahkan setiap tahun terus bertambah. Melihat hal tersebut, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengharapkan pengelolaan dana desa semakin transparant dan akuntabel.

“Workshop Sistem Keuangan Desa (Siskudes) ini semoga dapat memberikan pencerahan bagi para Kepala Desa beserta perangkatnya untuk mengelola dana desa,” ujar Irna saat pembukaan Workshop Hasil Evaluasi Implementasi Siskudes Dalam Tatakelola Keuangan Desa yang dilaksanakan oleh BPKP Provinsi Banten, Kamis (21/11) di Pendopo Pandeglang.

Dikatakan Irna, transparansi dan akuntabel sangat penting dilakukan dalam pengelolaan dana desa. Dengan begitu, kata Irna, masyarakat akan dapat mengontrol dalam pengelolaan dana desa.

“Outcome-nya harus jelas, sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” imbuhnya melalui siaran tertulis.

Sementara itu, Kepala BPK Perwakilan Banten, Agus Khotib mengungkapkan, dirinya mengapresiasi seluruh desa di Pandeglang sudah menerapkan Sistem Keuangan Desa (Siskudes).

“326 desa sudah mengimplementasikannya, artinya bapak dan ibu sudah ikut melaksanakan sistem akuntabilitas,” katanya.

Ia juga mengatakan, dengan menggunalan Siskudes, tidak lain untuk mempemudah dalam pengelolaan dana desa baik dalam pengelolaan, pelaporan dan pertanggungjawaban.

“Silahkan uang keluarkan sesuai posnya tapi dapat dipertanggungjawabkan. Intinya walaupun uang satu rupiah harus dapat dipertanggungjawabkan,” tegasnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini