Beranda Nasional Bulan Depan Regulasi tentang Ojek Online Terbit

Bulan Depan Regulasi tentang Ojek Online Terbit

Sosok pria dengan akun Instagram @ponconugroho26 itu lagi digandrungi netizen. (Istimewa)

 

JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjanjikan bahwa regulasi ojek online (ojol) akan selasai dan siap terbit pada Maret 2019. Saat ini, proses perumusan masih berlangsung dalam menyiapkan regulasinya.

“Kita perkirakan aturan ini akhir Maret, karena kira-kira minggu kedua atau ketiga Maret baru selesai dari Kemenkumham,” ucap Budi yang dikutip Kompas.com dari Biro Komunikasi dan Informasi publik Kemenhub, Senin (18/2/2019).

Menurut Budi, regulasi tersebut nantinya akan mengatur beberapa perangkat penting. Mulai dari masalah tarif, perlindungan terhadap konsumen, serta yang paling komperensif masalah keselamatan.

Seperti diketahui, sebelumnya beberapa pengamat transportasi dan penggiat keselamatan, menolak adanya regulasi soal ojek online. Karena dengan adanya regulasi, sama saja pemerintah mengesahkan atau melegalkan sepeda motor menjadi salah satu angkutan atau transportasi umum.

Kondisi tersebut dianggap sangat miris, karena sebenarnya motor bukan alat transportasi umum. Selain itu, masalah keselamatan pun dianggap menjadi titik krusial yang harus diperhatikan terlebih sikap para ojol yang terkadang menyalahi aturan dan membahayakan pengguna jalan lain.

Namun dalam keterangan resminya, Budi mengklaim menyiapkan regulasi ini karena ojol merupakan angkutan yang sangat dibutuhkan masyarakat. Banyak hal positif didapat dari keberadaan ojek online ini. Karena itu, Menhub meminta agar pengemudi ojol semua menataati aturan yang ada.

“Ojol ini memberikan service dan memberikan penghasilan bagi masyarakat banyak. Tetapi sebagai profesi, mereka ini ada risikonya. Dalam transportasi yang namanya profesi, keselamatan itu harus dilindungi, karenanya kita katakan lakukan profesi ojol dengan berkeselamatan,” ujar Budi. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini