Beranda Pendidikan Buka Wawasan Kesehatan, Siswa SD di Kota Tangerang Dilatih Jadi Dokter Kecil

Buka Wawasan Kesehatan, Siswa SD di Kota Tangerang Dilatih Jadi Dokter Kecil

PMI Kota Tangerang bersama puskesmas Panunggangan barat menggelar pelatihan dokter kecil bagi sejumlah pelajar Sekolah Dasar - foto istimewa

TANGERANG – PMI Kota Tangerang bersama puskesmas Panunggangan barat menggelar pelatihan dokter kecil bagi sejumlah pelajar Sekolah Dasar (SD) di gedung Puskesmas Panunggangan Barat Kecamatan Cibodas Kota Tangerang, Kamis (11/08/2022).

“Pelatihan dokter kecil ini salah satu program kerja yang ada di Dinas Kesehatan dan bertujuan untuk melatih siswa agar bisa menjadi dokter kecil di sekolah mereka, sehingga siswa tersebut bisa menangani insiden kecil yang terjadi di sekolah,” ucap Oman Jumansyah Ketua PMI Kota Tangerang.

Dijelaskannya, dalam kegiatan yang digelar di aula puskesmas Panunggangan barat itu, PMI memberikan berbagai materi kepada para peserta pelatihan seperti patah tulang, pembalutan luka, luka lecet, serta pengangkatan korban pingsan.

“Materi-materi sederhana tersebut, kami harap dapat mengajarkan para peserta minimal dapat memberi pertolongan pertama pada kecelakaan-kecelakaan kecil yang dapat terjadi di lingkungan sekolah,” ujar Oman

Lanjut Oman tujuan pelatihan Dokcil untuk pembinaan siswa di sekolah supaya bisa menjadi roll model bagi temen-temennya, dilingkungan sekitar kemudian menjadi contoh yang baik dan juga untuk membatu jika ada hal-hal yang berkaitan kesehatan di sekolah peserta melakukan pertolongan pertama. Pihaknya juga mengharapkan siswa dapat membantu temannya disaat terluka dan juga bisa mengajarkan teman-temannya dalam melakukan pertolongan.

Oman juga berharap setelah pelatihan ini bisa berkelanjutan baik ilmu yang di dapatnya bukan sekedar mengikuti kegiatan saat kegiatan ini saja karena supaya bisa bermanfaat bagi sekolah dan masyarakat kedepannya.

(Ril/Red)