Beranda Pemerintahan Buka Sosialisasi Perencanaan RKA,  Irna: Jangan Ada Kegiatan Fiktif

Buka Sosialisasi Perencanaan RKA,  Irna: Jangan Ada Kegiatan Fiktif

PANDEGLANG – Bupati Pandeglang Irna Narulita menekankan kepada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk tidak mengulangi kegiatan yang sama dari tahun sebelumnya serta jangan sampai ada kegiatan fiktif.

“Saya tegaskan, jangan ada kegiatan fiktif. Sekarang sudah berbasis cascading, selama itu masih relevan tidak masalah asal jangan fiktif,” demikian pernyataan Irna saat membuka kegiatan pedoman penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah, dan Rencana Kerja dan Anggaran Pejabat Pengelola Keuangan Daerah di Pendopo Pandeglang, Kamis (6/9/2018).

Lebih lanjut Irna mengatakan, setiap perencanaan harus mengacu ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) agar tidak terjadi pemborosan anggaran.

“Anggaran yang ada harus digunakan seefektif mungkin. Jangan mengada ada kegiatan yang tidak penting yang pada akhirnya pemborosan anggaran,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Pandeglang Feri Hasanudin yang juga sebagai Ketua Tim  Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) mengatakan, dirinya sangat setuju dengan instruksi dari Bupati Pandeglang. Katanya, sejauh ini kerap terjadi dalam perencanaan  usulan berulang yang dilakukan oleh  Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Untuk itu harus punya inovasi, cari terobosan baru, dan kepala OPD harus dapat ikut andil merumuskan RKA, sehingga sesuai visi misi Bupati Pandeglang yang diuraikan dalam Rencana Kerja (Renja) tiap tahunnya,” tegasnya.

Selain dari itu, menurut Feri, yang perlu diperhatikan dalam penyusunan RKA adalah akurasi antara perencanaan dengan pembiayaan.

“Jika itu tidak dapat dilakukan, tentu akan menjadi silpa karena kekurangan atau kelebihan anggaran sehingga tidak terserap,” imbuhnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini