Beranda Pesona Ramadan Buka Puasa Baiknya dengan Makanan atau Minuman Hangat?

Buka Puasa Baiknya dengan Makanan atau Minuman Hangat?

96
0
Ilustrasi - foto istimewa liputan6.com

Saat buka puasa, rasanya ingin sekali merasakan segarnya minuman dingin atau makan es manis. Namun, sebaiknya Anda berpikir dua kali untuk melakukannya.

Hati-hati, bukannya tidak boleh, melainkan ada baiknya dikurangi karena ditakutkan sistem pencernaan yang sedang beristirahat akan menjadi kaget bila Anda buka puasa dengan sesuatu yang dingin.

Dirangkum dari liputan6.com, Ada baiknya Anda buka puasa dengan porsi yang normal dan pilihlah minuman hangat. Intip alasannya berikut ini.

1. Melancarkan Peredaran Darah

Dengan air hangat yang Anda konsumsi saat berbuka, aliran darah akan terasa lebih lancar. Hal ini akan menghasilkan banyak manfaat yang sangat baik untuk tubuh.

2. Pembuangan Racun Menjadi Lebih Baik

Puasa sendiri merupakan sebuah kondisi di mana tubuh akan melakukan detoksifikasi secara alami. Untuk memberikan hasil yang lebih maksimal, konsumsilah air hangat saat berbuka. Selain detoksifikasi akan keluar dari keringat, pembuangan racun pun akan menjadi lancar dengan air hangat yang Anda konsumsi saat berbuka puasa.

3. Membantu Program Penurunan Berat Badan

Untuk Anda yang menjadikan momen puasa sebagai pendukung program diet, minuman manis memang harus menjadi pantangan. Gantilah minuman tersebut dengan dengan air hangat. Selain dapat membantu pencernaan agar lebih lancar, air hangat juga akan membuat Anda mengeluarkan keringat lebih banyak. Namun, untuk mendapatkan pengganti gula yang kurang, Anda bisa mengonsumsi buah yang memiliki rasa manis asli dan lebih sehat.

4. Pencernaan Menjadi Lebih Lancar

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, selama puasa sistem pencernaan kita akan beristirahat. Oleh karena itu, jika Anda langsung menyantap minuman yang terlalu dingin dan manis, dikhawatirkan akan terjadi peradangan karena penyesuaian suhu yang mendadak. Minumlah sedikit air hangat terlebih dahulu saat Anda berbuka sebelum menyantap menu yang lain ya. (Red)

loading...