Beranda Hukum BRAVO 1 Fokus Tangani Serangan Hoaks untuk Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin

BRAVO 1 Fokus Tangani Serangan Hoaks untuk Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin

SERANG – Barisan Advokat untuk Pemenangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Nomor 01 (BRAVO 1) akan mengawal pelaksanaan Pilpres 2019 tanpa fitnah dan hoaks. Bravo 1 mengklaim bahwa pasangan calon Jokowi dan KH. Ma’ruf Amin merupakan pasangan yang kerap dirugikan oleh berita bohong alias hoaks selama ini.

“Kami akan melakukan pendampingan hukum kepada relawan dan mengambil langkah hukum yang tegas dan jelas atas isu-isu yang mendiskreditkan KH. Ma’ruf Amin dan Pak Jokowi,” kata Ketua BRAVO 1  Amnullah usai deklarasi di salah satu rumah makan di Kota Serang, Banten, Sabtu (6/10/2018).

BRAVO 1, menurut Aminullah akan melakukan penindakan hukum terhadap isu-isu hoaks yang selama ini beredar di masyarakat terkait pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin. “Jika ditemukan pidana khsus seperti hoaks kami akan segera berkoordinasi dengan Ditreskrimsus Polda Banten,  kami tidak akan bermain opini dan hanya akan menyampaikan sesuai aturan hukum yang berlaku,” kata dia.

Mengenai pidana pemilu, Amin juga menyebutkan akan berkoordinasi dengan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) dan Bawaslu. “Tentunya dengan aturan yang berlaku, karena sekarang sudah masuk masa kampanye,” ujarnya.

Sejauh ini, pihaknya megakui telah membentuk Tim Siber untuk memantau media sosial yang berisi hoaks yang bertendensi menjatuhkan pasangan nomor urut 01. “Sejauh ini memang temuan yang kami dapatkan, banyak sekali pemberitaan yang mendiskreditkan kepada calon kami. Kami masih buat kajian apabila peristiwa hukumnya jelas, kami akan langsung melakukan upaya hukum,” ujarnya.

Selain BRAVO 1 acara deklarasi dihadiri oleh Sekber Relawan Banten, Projo, Gerak Banten, Pospera, Samawi, GRJ, RMP, FJB, Baraya Jokowi, Reliji, BMI, RepDem, Bajo, Foreder, Posraya, Rupawi, dan beberapa komunitas relawan lainnya. (you/red)