Beranda Pemerintahan BPS Catat Angka Pengangguran di Lebak Meningkat

BPS Catat Angka Pengangguran di Lebak Meningkat

Para pencari kerja di Banten saat job fair.
Para pencari kerja di Banten saat job fair.

LEBAK – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kenaikan angka pengangguran pada tahun 2023 ini sebanyak 400 orang. Angka pengangguran tersebut naik dibandingkan tahun 2022.

Ai Budiman, Ketua Tim Kegiatan Statistik Sosial BPS Lebak mengatakan, kenaikan tersebut telah meningkatkan angka pengangguran di Lebak menjadi 54.745 orang.

“Secara absolut terjadi kenaikan meskipun secara persentase ada penurunan dari tahun 2022 ke 2023,” kata Ai Budiman kepada awak media, Kamis (9/11/2023).

Ia mengungkapkan, data tersebut merupakan hasil survei angkatan kerja nasional yang dilakukan oleh BPS pada bulan Agustus 2023. Namun jumlah yang dirilis tersebut masih bersifat sementara.

“Ini sifatnya masih sementara, ada kemungkinan mengalami perubahan setelah ada verifikasi atau konfirmasi ketenagakerjaan di lapangan,” ujarnya.

Ia menambahkan, di Provinsi Banten, tingkat pengangguran terbuka Kabupaten Lebak berada pada peringkat keenam, di bawahnya adalah Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Serang yang paling tertinggi.

“Soal pengangguran berkaitan dengan ketersediaan lapangan pekerjaan yang masih terbatas, kemudian yang mendongkrak juga banyaknya lulusan baru yang belum mendapat pekerjaan,” ucapnya. (San/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini