Beranda Pemerintahan BPOM  Berharap Pandeglang Jadi Pilot Project Keamanan Pangan Nasional

BPOM  Berharap Pandeglang Jadi Pilot Project Keamanan Pangan Nasional

acara Gebyar Keamanan Pangan di Graha Pancasila (GP)  Pandeglang, Senin (3/12/2018).

PANDEGLANG – Direktur Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Usaha Badan Pengawasan Olahan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) Dewi Prawitasari berharap Kabupaten Pandeglang bisa menjadi contoh keamanan pangan bagi kabupaten /kota lain di Indonesia.

“Saya harap Pandeglang ini  menjadi pilot project bagi wilayah lainnya di Indonesia untuk keamanan pangan karena temuan berbahaya relatif sedikit. Dan juga  merupakan Kabupaten yang memiliki potensi pengembangan ekonomi lokal dan sebagai destinasi wisata nasional,” katanya saat memberikan sambutan pada pembukaan acara Gebyar Keamanan Pangan di Graha Pancasila (GP)  Pandeglang, Senin (3/12/2018).

Menurutnya, ada dua sisi yang dapat dilakukan BPOM dalam menjaga keamanan pangan yaitu dengan sosialisasi dan intervensi. Melalui aksi jajanan nasional di Provinsi Banten sudah ada 32 sekolah yang sudah diintervensi, 9 pasar aman dari bahan bahaya,  100 Desa keamanan pangan, 1.851 pemberdayaan UMKM,  dan khusus Pandeglang adalah pangan aman di daerah destinasi yaitu di Desa Panimbang,

 “Tujuan intervensi ini agar masyarakat mandiri di bidang keamanan pangan dan faham akan pentingnya keamanan pangan,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan,  dirinya mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak BPOM telah memberikan kepada para komunitas dan pelaku usaha untuk mengikuti acara gebyar keamanan pangan.

Kata Irna jumlah penduduk yang besar kurang lebih 1,2 juta sangat membutuhkan keamanan pangan agar menjadikan rumah tangga yang sehat.

“Keamanan pangan merupakan pondasi untuk hidup menjadi sehat, saya harap para pelaku usaha membantu kami untuk mewujudkan keamanan pangan,”  imbuhnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini