Beranda Uncategorized BPK Wilayah VIII Dorong Pelestarian Dalang di Banten

BPK Wilayah VIII Dorong Pelestarian Dalang di Banten

Peserta mengikuti pelatihan pedalangan. (IST)

PANDEGLANG – Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) wilayah VIII Banten menggelar workshop pedalangan bagi masyarakat yang berminat dan ingin memperdalam pengetahuan tentang pedalangan di Balai Budaya Kabupaten Pandeglang.

Kasubag Umum BPK wilayah VIII, Juliadi menuturkan kegiatan ini merupakan langkah penting dalam upaya pelestarian dan pengembangan seni pedalangan yang kaya akan cerita pewayangan dari Naskah Babad Banten.

Pendaftaran peserta dibuka dari tanggal 17-20 September 2023 dengan beberapa persyaratan yang sudah ditentukan oleh panitia kegiatan. Setidaknya ada sekitar 15 orang peserta yang mengikuti kegiatan ini dan salah satunya peserta difabel atau berkebutuhan khusus.

“Tentu harapannya tidak berhenti setelah workshop pedalangan ini, karena ini hanya sebagai gerakan awal dalam seni pedalangan. Pemerintah hanya fasilitator dan budayanya ada pada masyarakat. Semoga 15 peserta ini bisa sebagai pemancing untuk seni pedalangan di Pandeglang dan Banten khususnya,” kata Juliadi, Senin (2/10/2023).

Di tempat yang sama, Peneliti Manuskrip Banten, Yadi Ahyadi menerangkan bahwa saat ini kesenian tradisional mulai ditinggalkan generasi muda lantaran tergerus oleh perkembangan zaman dan teknologi. Oleh sebab itu, kegiatan seperti ini harus terus dilakukan agar kesenian tradisional tidak hilang begitu saja.

“Hampir dalam beberapa pertunjukan kebudayaan, pertunjukan pedalangan ini hampir tersisihkan. Kita perlu membangun dunia pedalangan lebih muncul lagi sehingga ini merupakan suatu wadah yang baik untuk regenerasi berikutnya,” terangnya.

Dirinya memiliki keinginan dan harapan dari kegiatan tersebut dapat melahirkan pedalang yang andal dan bisa berkiprah di tingkat nasional dengan membawakan cerita-cerita sejarah Banten.

“Mudah-mudahan ini jadi awal kemajuan budaya lokal kita untuk bisa lebih berkiprah bukan hanya di Banten, tapi bila perlu sampai nasional hingga internasional,” tutupnya.

(Med/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini