Beranda Kesehatan BPJS Kesehatan Buka Posko Layanan di Mal Sosoro Pelabuhan Merak

BPJS Kesehatan Buka Posko Layanan di Mal Sosoro Pelabuhan Merak

CILEGON – BPJS Kesehatan membuka posko mudik layanan pemeriksaan kesehatan. Pemudik bisa mengakses layanan tersebut di Mal Sosoro, Pelabuhan Merak, Kota Cilegon mulai 5-9 April 2024.

Dewan Pengawas BPJS Kesehatan, Siruaya Utamawan mengatakan pihaknya membuka layanan kesehatan tersebut untuk kelancaran arus mudik. Tahun ini arus mudik diprediksi mengalami peningkatan hingga 70 juta jiwa.

“Karena itu, BPJS Kesehatan berupaya turut andil membantu kelancaran arus mudik dan arus balik tahun ini dengan menghadirkan Posko Mudik BPJS Kesehatan di sejumlah titik padat pemudik tersebut,” katanya, Rabu (5/4/2024).

Siruaya menjelaskan, selain bisa pemeriksaan kesehatan gratis dan fasilitas relaksasi, di Posko Mudik BPJS Kesehatan pemudik dapat konsultasi kesehatan, penyediaan obat-obatan, pemberian tindakan sederhana yang bersifat darurat hingga pemberian rujukan bila diperlukan.

“Seluruh pelayanan dan fasilitas di Posko Mudik BPJS Kesehatan ini bisa dinikmati secara gratis, jadi jangan sungkan untuk memanfaatkannya. Posko Mudik BPJS Kesehatan akan beroperasi selama 24 jam penuh, terbagi atas tiga tim yang bertugas secara bergantian setiap delapan jam. Masing-masing tim tersebut terdiri atas 2 orang petugas BPJS Kesehatan, 1 orang dokter, 2 orang paramedis, dan 1 pengemudi ambulans,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan para pemudik agar memastikan status kepesertaan JKN mereka aktif, sehingga apabila jatuh sakit atau memerlukan layanan kesehatan saat perjalanan, mereka dapat mengakses layanan JKN tanpa terkendala.

“Di Posko Mudik BPJS Kesehatan ini, kami juga berupaya melakukan sosialisasi dan edukasi kepada pemudik mengenai berbagai hal seputar Program JKN. Termasuk kanal-kanal digital yang disediakan BPJS Kesehatan untuk memudahkan urusan masyarakat, seperti Aplikasi Mobile JKN dan Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA),” ucap Siruaya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon Ratih Purnama Sari mengapresiasi dan berterima kasih kepada BPJS Kesehatan yang telah turut andil memberikan layanan kepada para pemudik.

“Alhamdulillah kalau dari kami Pemerintah Kota Cilegon ada penambahan 1 di mal Sosoro. Ada 1 posko kesehatan yang dibangun oleh BPJS Kesehatan. Ini baru tahun ini, sebelumnya belum. Alhamdulillah bertambah pelayanan untuk pemudik karena mereka kan datangnya dari luar dan mereka harus dilayani dengan baik,” katanya.

Ratih mengungkapkan bahwa pihaknya juga turut membuka posko layanan kesehatan di sejumlah titik wilayah Kota Cilegon untuk para pemudik yang akan menyeberang ke Sumatera.

“Dinkes juga buka 6 posko. Pertama di Terminal Terpadu Merak, di pertigaan Gerem, di Landmark Cilegon, di lampu merah PCI, di depan gerbang perumahan Bumi Rakata Asri, dan di ujung JLS,” tutupnya.

(STT/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini