Beranda Pemerintahan BPIP Gelar Acara Pendidikan dan Pelatihan Ideologi Pancasila

BPIP Gelar Acara Pendidikan dan Pelatihan Ideologi Pancasila

Acara Pendidikan dan pelatihan pembelajaran aktif pembinaan ideologi Pancasila bagi Paskibraka.

LEBAK – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melakukan kegiatan pendidikan dan pelatihan pembelajaran aktif pembinaan ideologi Pancasila bagi Paskibraka di Kabupaten Lebak, acara tersebut dilaksanakan di Hotel Rahaya Rangkasbitung, Jumat (08/12/2023).

Dalam acara tersebut, dihadiri oleh Forkopimda serta para Paskibraka Kabupaten Lebak.

Direktur Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan BPIP, Sadono Sriharjo mengatakan, jika kegiatan ini adalah sebagai tindak lanjut dari Mou antara BPIP dengan Pemerintah Kabupaten Lebak terkait pembinaan ideologi Pancasila kepada pemuda dan pemudi di Kabupaten Lebak.

“Itu semua untuk membangun karakter dari bangsa berlandaskan nilai-nilai Pancasila yang sudah menjadi salah satu konsensus dasar kebangsaan kita, dan ini menjadi suatu hal yang penting,” kata Sadono kepada awak media, Jumat (08/12/2023).

Ia mengungkapkan, sudah hampir 20 tahun atau 2 dekade sejak pasca reformasi, ideologi Pancasila tidak dikenalkan kepada generasi-generasi muda, sehingga Paskibra tahun 2022 ini termasuk generasi yang hilang karena mereka tidak mendapatkan pembinaan ideologi Pancasila.

“Saat ini pemerintah sudah memberlakukan kembali mata pelajaran Pancasila mulai dari tingkat PAUD, sampai dengan tingkat Perguruan Tinggi, dengan pemberlakuan peraturan pemerintah Nomor 4 Tahun 2022 tentang standar pendidikan nasional,” ujarnya

Ia menambahkan, semoga ini bisa didukung oleh semua komponen bangsa, salah satu wujudnya adalah dalam pelaksanaan kali ini yaitu pelaksanaan pembelajaran aktif pembinaan ideologi Pancasila kepada Paskibra tahun 2022, dimana adik-adik ini dua dekade kedepan usia mereka sudah 40 tahun dan merupakan puncak karier yang akan menetapkan suatu kebijakan-kebijakan terkait dengan pelaksanaan pembangunan nasional.

“Saya berharap mudah-mudahan adek-adek ini bisa menjadi pemimpin masa depan yang berkarakterkan kepada Pancasila, sehingga apa yang di lakukan itu selalu dilandasi dengan nilai-nilai luhur yang sudah menjadi pedoman Pancasila sehingga apa yang dilakukan akan memberikan kontributsi demi terwujudnya cita-cita nasional yang diamatkan oleh para pendiri bangsa yaitu terwujudnya masyarakat adil dan makmur berlandaskan kepada Pancasila,” ucapnya. (San/Red).

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ