Beranda Komunitas BPBD Pandeglang Bentuk 339 Relawan Penanggulangan Bencana

BPBD Pandeglang Bentuk 339 Relawan Penanggulangan Bencana

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang membentuk dan memberikan pelatihan kepada 339 orang relawan penanggulangan bencana. (Foto: Memed/bantennews.co.id)

PANDEGLANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang membentuk dan memberikan pelatihan kepada 339 orang relawan penanggulangan bencana perwakilan dari desa dan kelurahan se Kabupaten Pandeglang di Pasir Putih Dua, Carita.

Kepala BPBD Pandeglang Asep Rahmat mengatakan, tujuan kegiatan ini secara umum mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dalam penangganan bencana. Hal ini dikarenakan hampir semua bentuk potensi bencananya ada di Kabupaten Pandeglang.

“Penanggulangan bencana itu dapat dilakukan mulai dari pra bencana, saat bencana, dan pasca bencana. Jadi yang kami lakukan ini mitigasi bencana dan kesiapsiagaan,” kata Asep, Senin (22/10/2018).

Tujuannya sendiri jika terjadi hal sekecil apapun di Desa atau Kelurahan dapat langsung diinformasikan kepada pihak BPBD.

“Memang baru kali ini dibentuk para relawan ini akan terus kami edukasi agar mereka bisa menyampaikan lagi kepada  masyarakat tatacara penanggulangan bencana,” ucapnya.

Yosep, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pandeglang mengatakan acara ini diikuti oleh 339 personil dari Kelurahan dan Desa terdiri dari perwakilan 13 kelurahan, dan 326 desa yang akan dilaksanakan selama dua hari.

“Setiap desa dan kelurahan menyampaikan perwakilannya dengan membawa berkas persyaratan ijazah, usia maksimal 40 tahun dilengkapi rekomendasi kelurahan dan Camat setelah itu diseleksi oleh BPBD selanjutnya mereka dipanggil untuk mengikuti pelatihan,” ujarnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini