Beranda Peristiwa BPBD Pandeglang Antisipasi Potensi Bencana di Musim Penghujan

BPBD Pandeglang Antisipasi Potensi Bencana di Musim Penghujan

385
0
Akibat hujan deras yang disertai angin kencang yang terjadi Rangkasbitung, Kabupaten Lebak dan sekitarnya mengakibatkan sebuah pohon yang berada di sisi ruas jalan raya Cipanas. (Fotografer - Ali/BantenNews.co.id)

PANDEGLANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang melakukan sejumlah antisipasi dalam menghadapi musim hujan tahun 2018. Antisipasi tersebut dilakukan dengan cara melakukan sosialisasi dengan pihak desa guna mengurangi risiko bencana khususnya bencana longsor.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Pandeglang, Endan Permana menyampaikan, BPBD Pandeglang telah memetakan 4 kecamatan yang rawan terjadi longsor di Pandeglang, di antaranya Kecamatan Mandalawangi, Karangtanjung, Cadasari dan Pulosari. Dari 4 kecamatan tersebut, Kecamatan Cadasari merupakan kecamatan yang memiliki banyak titik longsor.

“Kami juga datang ke sejumlah wilayah untuk melakukan survei di beberapa titik yang rawan terjadi longsor. Alhamdulillah kita sudah koordinasi dengan pihak PU, kaitan dengan longsor tersebut. Mudah-mudahan suratnya juga sudah ditandatangani, kita tinggal layangkan suratnya ke PU,” ujarnya, Jumat (23/11/2018).

Saat ini sudah ada 3 kecamatan di Pandeglang yang telah diberikan pelatihan antisipasi bencana, salah satunya Kecamatan Panimbang. Selain itu, dalam waktu dekat pelatihan akan dilakukan di Kecamatan Sobang.

“Tahun ini belum ada pelatihan, cuma mau dilaksanakan tahun ini juga untuk Kecamatan Sobang. Beda-beda kecamatan setiap tahun, kita gabung pelatihannya untuk beberapa desa,” imbuhnya. (Med/Red)