Beranda Advertorial BPBD Banten Tangani Mitigasi Kebencanaan Secara Komprehensif

BPBD Banten Tangani Mitigasi Kebencanaan Secara Komprehensif

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten, Nana Suryana - (Mir/BantenNews.co.id)

BANTEN – Bencana alam yang kerap terjadi di beberapa daerah di Provinsi Banten menjadi perhatian khusus Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, terutama pada hal mitigasi potensi, kesiapsiagaan serta penanganannya.

Sebagai bentuk keseriusan itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten rutin melaksanakan Rapat Koordinasi dan Investigasi Pemulihan Kondisi Pasca Bencana di Kantor BPBD Provinsi Banten Jl. Syekh Nawawi AlBantani Kelurahan Banjarsari, Kota Serang, Banten.

Hal itu bertujuan agar penyelesaian persoalan kebencanaan bisa dilakukan secara komprehensif dengan melibatkan pihak terkait.

Pj Sekda Banten M Tranggono mengatakan, melalui koordinasi merupakan tindaklanjut dari perhatian Pemprov Banten terhadap kondisi banjir yang kerap terjadi. Sehingga kita tahu masalahnya untuk kemudian bisa mengantisipasi.

“Kita berharap dengan adanya kegiatan ini, masing-masing instansi bisa menindaklanjuti sesuai dengan kewenangannya berdasarkan hasil pemetaan yang dilakukan,” ujarnya.

Dikatakan Tranggono, pihaknya sengaja mengundang mulai dari Balai Sungai hingga pihak terkait lainnya untuk membahas terkait dengan aliran sungai agar luapannya bisa ditangani bersama.

“Karena kami ingin penyelesaian yang komprehensif dari hulu sampai hilir. Makanya selain melibatkan pusat, dari Kabupaten dan Kota juga diikutsertakan,” pungkasnya.

Tranggono melanjutkan, jika semua pihak sudah memetakan persoalannya, maka paling tidak ketika ada bencana datang pemerintah sudah siap menghadapi.

“Seperti waktu penanganan bencana tsunami kemarin, kita mendapat apresiasi karena mampu menanganinya dengan baik,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Banten Nana Suryana menegaskan, pihaknya sudah melakukan mitigasi bencana baik yang dilakukan oleh Provinsi maupun Kabupaten dan Kota.

Selain mitigasi, kesiapsiagaan personil juga sudah dilakukan untuk proses kecepatan penanganan ketika terjadi bencana. “Kita sudah siapkan masing-masing group untuk kecepatan penanganan bencana,” katanya.

Nana melanjutkan, dirinya juga selalu melakukan koordinasi secara intens dengan pihak-pihak terkait di atas terkait dengan proses mitigasi bencana.

Namun dengan adanya kegiatan ini, ia berharap ada tindaklanjut yang dilakukan oleh masing-masing instansi sesuai dengan kewenangannya.

“Kita akan terus melakukan koordinasi akan hal itu,” katanya. (ADV)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini