Beranda Pemerintahan BPBD Banten Minta Masyarakat Tetap Waspada Bencana

BPBD Banten Minta Masyarakat Tetap Waspada Bencana

Para pesilat Banten yang tergabung dalam Perguruan Pencak Silat Mande Macan Guling Banten Indonesia (PPS MMGBI), PGRI dan Komunitas Jeep Willys menyalurkan bantuan untuk korban bencana banjir - (foto Ade Faturohman/BantenNews.co.id)

SERANG – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten, Nana Suryana meminta masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi bencana banjir dan longsor, khususnya di daerah Banten Selatan.

Nana mengaku, secara rutin pihaknya terus melakukan sosialiasi mitigasi bencana kepada masyarakat terutama di daerah dengan potensi banjir dan tanah longsor.

“Secara struktural dari pusat hingga daerah sampai dengan RT/RW agar membantu sosialisasikan bahaya terutama di tempat tinggalnya di daerah potensi longsor dan banjir. Diharapakn kepada warga pada masa musim penghujan ini harus tetap dihindari,” kata Nana saat dihubungi, Senin (18/1/2021).

Sosialiasi tersebut, lanjut Nana, merupakan bagian dari mitigasi pengurangan risiko terjadinya bencana. “Masyarakat juga diharapkan tetap waspada dan berhati-hati dalam melakukan aktivitas. Karena tak menutup kemungkinan air secara tiba-tiba datang,” katanya.

Lebih lanjut, menurut Nana, pihaknya juga melalui BPBD kabupaten/kota telah membentuk kampung tangguh bencana. “Kita buat kampung tangguh bencana,” ujarnya.

Nana mengungkapkan, bencana yang terjadi beberapa waktu lalu di Banten harus dijadikan pelajaran. Dimana penanganan banjir harus dilakukan dari hulu, bukan hanya di hilir.

“Kaya banjir harus ditangani dari hulu bukan dari hilir. Kalau dari hilir kita evakuasi, kasih bantuan, buat dapur umum, tapi itu saja. Tapi kalau dari hulu drainasenya dibenerin, tata ruangnya dibenerin, sedimentasinya dikeruk, jadi kalau ada hujan datang ngga akan banjir,” ucapnya.(Mir/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini