Beranda Olahraga Bos Dewa United FC Datangi Banten International Stadium, Bakal Jadi Home Base?

Bos Dewa United FC Datangi Banten International Stadium, Bakal Jadi Home Base?

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy bersama petinggi Dewa United FC meninjau pembangunan Banten International Staidum.

SERANG – Kabar mengenai diminatinya Banten International Stadium oleh 3 klub Liga 1 Indonesia untuk dijadikan home base mereka, nampaknya bukan hanya isapan jempol. Dimana, Kamis (13/1/2022),  Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy dan para petinggi Dewa United FC (DU FC) yaitu owner DU FC, Tommy Hermawan Lo, dan ketua umumnya, Ardian Satya Negara, mendatangi stadion bertaraf internasional yang dibangun Pemprov Banten di kawasan Curug, Kota Serang tersebut.

Ketiganya nampak memeriksa dan mengamati fasilitas stadion berkapasitas sekitar 30 ribu lebih penonton tersebut. Oleh pihak kontraktor pembangunan yaitu dari BUMN PT PP Persero Andika diajak untuk memeriksa dan merasakan rumput lapangan utama, lintasan atletik, tribun utama, sound system, ruang loker pemain, hingga ke ruang pusat kendali lapangan dan kantor pengelola.

“Saya sendiri meninjau perkembangan pembangunannya, dan memang kebetulan bersama dengan Tim dari Dewa United juga,” kata Andika kepada pers usai berkeliling.

Dikatakan Andika, progres Banten International Stadium sejauh ini telah mencapai 89 persen. Ada sisa-sisa sedikit yang belum selesai namun bisa dikejar hingga target waktu penyelesaian yakni 21 Maret mendatang. “Atap-atap, sound system dan lampu, termasuk juga papan skor sudah terpasang,” katanya

Untuk kursi di tribun penonton sendiri, Andika menyebut, masih sekitar 11 ribu set yang belum terpasang dan tengah dalam masa penyelesaian pemasangannya. “Tadi dengar gak sound systemnya? Wah, merinding,” ucapnya.

Lebih lanjut Andika berharap, agar Banten International Stadium (BIS) ini nantinya bisa terawat dan bermanfaat untuk kepentingan rakyat Banten. Selain sebagai sebuah kebanggaan dan memacu prestasi olahraga atlet Banten, stadion tersebut nantinya akan dilakukan pengembangan untuk kepentingan ekonomi daerah dan warga Banten.

“Pengembangan dimaksud dapat berupa pembangunan hotel dan mall sebagai penunjang keberadaan stadion berkelas internasional. Saya yakin stadion ini akan menjadi kebanggan masyarakat Banten,” ujarnya.

Sebelumnya, ketertarikan RANS Cilegon FC, Dewa United dan Bhayangkara FC menjadikan Banten International Stadium atau BIS sebagai home base di Liga 1 Indonesia, disampaikan Gubernur Banten Wahidin Halim. Dalam keterangannya, Jumat  7 Januari 2022.

Gubernur menyampaikan bahwa sudah ada 3 klub Liga 1 Indonesia yang tertarik menjadikan Banten International Stadium atau BIS sebagai home base.

RANS Cilegon FC dan Dewa United dikabarkan lebih dahulu menyatakan minatnya untuk bermarkas di Banten International Stadium atau BIS. Kemudian kabar terbaru menyebutkan klub Liga 1 Indonesia yakni Bhayangkara FC juga ikut tertarik menjadikan Banten International Stadium atau BIS sebagai home base atau markas.

Untuk diketahui, Banten Internasional Stadium merupakan stadion sepakbola pertama di Provinsi Banten yang berstandar International de Football Association (FIFA). Stadion ini berdiri di atas lahan seluas 60 hektare di Kawasan Sport Center, Kelurahan Kemanisan, Kecamatan Curug, Kota Serang.

(Mir/Red)