Beranda Hukum BNN Gagalkan Penyelundupan 36,47 Kg Sabu Dalam Truk Muatan Sayur di Merak

BNN Gagalkan Penyelundupan 36,47 Kg Sabu Dalam Truk Muatan Sayur di Merak

Badan Narkotika Nasional (BNN) RI kembali menggagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu di Kota Cilegon - foto istimewa

CILEGON – Badan Narkotika Nasional (BNN) RI kembali menggagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu di wilayah Kota Cilegon.

Dalam peristiwa tersebut BNN juga mengamankan dua anggota jaringan sindikat narkoba yang terlibat penyelundupan sabu dalam muatan sayur dari Kabanjahe, Sumatera Utara, yang akan dibawa ke Jakarta.

Dua tersangka ditangkap di tempat terpisah, yaitu pertama di Kota Cilegon Cilegon, Banten dan di Langsa, Aceh, pada 22 Mei 2019.

Humas BNN, Sulistio Pudjo Hartono mengatakan kasus ini berawal dari adanya informasi tentang adanya pengiriman sabu yang disembunyikan dalam truk bermuatan sayur kol dari Sumatera Utara menuju Jakarta.

“Dari hasil penyelidikan tim BNN memonitor truk colt diesel bermuatan sayur kol dan melakukan pembuntutan terhadap truk tersebut dari wilayah Lampung hingga menyeberang dari Bakauheni ke Merak,” ujarnya melalui siaran tertulis, Minggu (26/5/2019).

Kemudian, kata dia, tim BNN menghentikan laju truk tersebut di flyover selepas Pelabuhan Merak dan digiring ke area SPBU, Jl Terusan Tol Jakarta-Merak KM 2, Cikuasa Atas, Kelurahan Gerem, Kecamatan Gerogol, Cilegon.

Setelah dibongkar seluruh muatan truk tersebut, tepat Rabu 22 Mei 2019 pukul 01.00 WIB tim berhasil mengamankan tersangka berinisial M. Dari hasil penggeledahan tim BNN menemukan 35 bungkus sabu seberat 36,47 Kg di dinding bak belakang truk tersebut.

Dari pengembangan kasus ini, dengan bantuan BNNK Langsa, tim berhasil mengamankan RA di Dusun Tanjung Putus, Kelurahan Gampong Jawa, Langsa, Aceh.

“Saat melakukan penggeledahan di rumah RID dan RIS, petugas mengamankan uang tunai Rp268 juta, rumah, mobil dan motor untuk kemudian ditindak lanjuti penyidikan tindak pidana pencucian uang (TPPU),” terangnya. (Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini