Beranda Peristiwa BMKG Ungkap Potensi Hujan Lebat di Tahun Baru Imlek

BMKG Ungkap Potensi Hujan Lebat di Tahun Baru Imlek

(Sumber foto: tribunnews.com)

BANTEN – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan kalau Indonesia dilanda kondisi cuaca dinamis jelang Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili pada 10 Februari besok.

Pantauan BMKG menunjukkan ada beberapa fenomena atmosfer yang terpantau cukup signifikan dan dapat memicu peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia.

Pertama yakni aktivitas Monsun Asia yang mempengaruhi wilayah potensi pembentukan hujan di wilayah Indonesia Bagian Tengah dan Selatan. Kedua yaitu masih aktifnya gelombang ekuator Rossby dan Kelvin di sekitar wilayah Indonesia bagian tengah dan timur turut memicu pembentukan awan hujan.

Ketiga, terbentuknya pola belokan dan pertemuan angin yang memanjang di wilayah Indonesia bagian Tengah dan Selatan termasuk Sumatra, Jawa, dan Kalimantan sebagai dampak dari penguatan angin Monsun Asia.

BMKG pun mengungkap daftar wilayah yang berpotensi hujan sedang maupun hujan lebat saat Tahun Baru Imlek 10 Februari 2024, dikutip dari siaran pers BMKG, Kamis (8/2/2024).

Khusus Jabodetabek, terdapat potensi hujan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Kabupaten Bogor dan Kota Bogor pada siang hingga sore hari. Sementara itu hujan ringan berpotensi terjadi di wilayah DKI Jakarta, Kabupaten Tangerang, Tangerang Selatan, dan Bekasi pada siang hingga sore hari. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini