Beranda Nasional BMKG Imbau Warga Waspadai Angin Kencang

BMKG Imbau Warga Waspadai Angin Kencang

Ilustrasi - foto istimewa tribunnews.com

 

JAKARTA – BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai angin kencang yang berpotensi melanda wilayah Indonesia. BMKG mengidentifikasi ada peningkatan tekanan udara di dataran Asia dan juga tiga bibit siklon tropis.

“Selain itu terpantau juga bibit siklon di sebelah utara Indonesia yakni 97W tepatnya di Laut China Selatan. BMKG juga mengidentifikasi adanya bibit siklon tropis 95P di Teluk Carpentaria Australia (sebelah selatan Papua) dan 96S di Samudera Hindia (sebelah selatan Jawa),” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R Prabowo, lewat keterangannya yang dikutip Detik.com, Senin (31/12/2018).

Bibit siklon 95P yang ada di Teluk Carpentaria berkecepatan angin maksimum 25 knots di bagian pusat. Dan bibit siklon 97W yang ada di Laut Natuna Utara berkecepatan angin maksimum 20 knots di bagian pusat. Mulyono mengatakan kedua bibit siklon itu berpotensi tinggi menjadi siklon tropisdalam 24-48 jam ke depan.

“Kondisi ini menyebabkan pergerakan massa udara dari Asia yang bergerak menuju Indonesia mengalami penguatan, sehingga berdampak pula pada potensi peningkatan kecepatan angin, ketinggian gelombang laut, dan potensi hujan lebat di beberapa wilayah di Indonesia,” kata Mulyono.

Wilayah yang diprakirakan akan terdampak angin kencang:
– Riau
– Kep. Riau
– Jambi
– Sumatera Selatan
– Bangka Belitung
– Lampung
– Banten
– DKI Jakarta
– Jawa Barat
– Jawa Tengah
– DI Yogyakarta
– Jawa Timur bagian utara
– Kalimantan Barat
– Kalimantan Tengah
– Kalimantan Selatan
– Kalimantan Timur
– Sulawesi Selatan
– Sulawesi Tenggara
– Sulawesi Utara
– Maluku Utara
– Maluku

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir pada:
Tanggal 1-3 Januari 2019
– Sumatera Barat
– Bengkulu
– Bangka Belitung
– Lampung
– Banten
– Jawa Barat
– Jawa Tengah
– Jawa Timur
– Bali
– NTB
– NTT
– Kalimantan Utara
– Kalimantan Tengah
– Kalimantan Timur
– Sulawesi Selatan
– Sulawesi Tenggara
– Gorontalo
– Papua Barat
– Papua

BMKG mengimbau masyarakat yang sedang berlibur khususnya di wilayah pesisir pantai selatan Jawa untuk mewaspadai potensi angin kencang. Diharapkan tidak berlayar menuju laut lepas.

“Selain itu kapal-kapal terutama perahu nelayan dan kapal-kapal ukuran kecil agar tidak memaksakan diri melaut serta tetap waspada dan siaga dalam melakukan aktivitas pelayaran di wilayah dengan gelombang tinggi,” ucap Mulyono.

Adapun tinggi gelombang lebih dari 2,5 meter terpantau di:
Tanggal 1-3 Januari 2019:
– Tinggi Gelombang 2,5-4 meter (Berbahaya) berpeluang terjadi di Laut Natuna Utara, perairan Kepulauan Anambas hingga Kepulauan Natuna, perairan utara dan selatan Jawa, Laut Jawa, Samudra Hindia selatan Jawa, perairan selatan Bali hingga Sumbawa, perairan Kepulauan Anambas hingga Kepulauan Natuna, perairan Agats-Amamapere, perairan barat Yos Sudarso, perairan selatan Merauke, perairan Kepulauan Sangihe hingga Kepulauan Talaud, perairan utara Halmahera. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini