Beranda Peristiwa BMKG Imbau Warga Banten Waspada Gempa Susulan

BMKG Imbau Warga Banten Waspada Gempa Susulan

Ilustrasi - foto istimewa tribunnews.com

SERANG – Gempa dengan kekuatan 6,7 SR dan kedalaman 10 km mengguncang wilayah Sumur, Kabupaten Pandenglang, Banten pada Jumat (14/1/2022).

Gempa tersebut tak hanya dirasakan oleh warga Banten namun juga hingga Jawa Barat.

Koordinator Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Klas 1 Tangerang Urip Setiyono mengatakan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Namun tidak menutup akan adanya gempa susulan.

“Iya gempanya terasa sampai Jawa Barat juga. Meskipun kekuatannya cukup besar 6,7 dan kedalamannya cukup dangkal tapi di sini tidak ada potensi tsunami yang dikeluarkan oleh BMKG pusat,” kata Urip kepada BantenNews.co.id ketika dikonfirmasi, Jumat (14/1/2022).

“Kemungkinan kalau ada susulan ada tapi kemungkinan sementara biasanya diikuti oleh gempa yang tidak lebih besar mudah-mudahan bukan foreshock gempa yang magnitudonya lebih kecil,” ujar Urip

Urip mengimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dan mengecek kondisi rumah masing-masing.

“Kalau misal di rumah ada yang retak-retak coba dicek misalkan ada yang retak-retak berat ya jangan masuk rumah, tetap di luar saja. Kalau yang tinggal di bukit-bukit ini lagi musim hujan apalagi kemarin ada yang retak-retak dan kena hujan deras bisa berpotensi longsor jadi hati-hati,” imbau Urip. (Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ